Minggu, 26 Juni 22

Puluhan Peneliti Ikuti Pelatihan Teknik Sitogenetika di UGM

Puluhan Peneliti Ikuti Pelatihan Teknik Sitogenetika di UGM
* Sebanyak 42 peneliti, dosen, mahasiswa, dan praktisi dari berbagai institusi di Indonesia mengikuti pelatihan teknik sitogenetika, genetika molekuler, serta bioinformatika di Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, pada 23 - 31 Juli 2018. (Foto: Humas UGM)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Sebanyak 42 peneliti, dosen, mahasiswa, dan praktisi dari berbagai institusi di Indonesia mengikuti pelatihan teknik sitogenetika, genetika molekuler, serta bioinformatika di Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, pada 23 – 31 Juli 2018. Mereka tidak hanya mendapatkan pelatihan berupa materi di kelas, namun juga memperoleh kesempatan berpraktik secara langsung di laboratorium.

Koordinator kegiatan, Indra Lesmana, M.Sc., menyebutkan Fakultas Biologi secara rutin mengadakan pelatihan sitogenetika, genetika molekuler, dan bioinformatika. Sementara pelatihan kali ini merupakan tahun keempat yang dilaksanakan dengan mengangkat empat tema pelatihan.

Adapun tema pelatihan tahun ini adalah Analisis Sitogenetik dan Karakterisasi Kromosom Hewan dan Tumbuhan, Teknik Identifikasi Spesies dengan DNA Barcoding, Teknik Diagnosis Molekuler untuk Kelainan Genetik, serta  Analisis Metabarcoding dan Metagenome dengan Next Generation Sequencing

“Tema terakhir merupakan tema baru yang kita angkat sebagai respons terhadap trend global yang mengintegrasikan riset biologi dengan Artificial Intelligence (AI) dalam era Internet of Things (IoT), “ ujar Indra seperti dikutip Obsessionnews.com dari keterangan tertulis Humas UGM, Jumat (3/8).

Sementara itu Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi S. Daryono, M.Agr., menyampaikan pelatihan ini sebagai salah satu wujud dalam penyebarluasan ilmu pengetahuan kepada khalayak luas. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kontribusi dalam mendukung kemajuan bangsa. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.