Kamis, 18 Agustus 22

Puasa Senin Kamis Sangat Menakjubkan untuk Kesehatan!

Puasa Senin Kamis Sangat Menakjubkan untuk Kesehatan!
* Ilustrasi puasa Senin - Kamis. (Foto : correcto)

Puasa Senin Kamis biasanya dilakukan untuk tujuan religius, yakni untuk kepentingan akherat. Namun tahukah Anda jika dari sisi kesehatan, manfaat puasa Senin Kamis ternyata ada sangat menakjubkan? Jika rutin dilakukan, puasa ini dianggap bisa menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, hingga mencegah kanker dan lainnya.

Tentu, manfaat tersebut bisa didapatkan apabila Anda juga mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang selama sahur dan berbuka. Sebab jika di kedua waktu tersebut Anda tetap mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula, maka manfaat yang dimaksud akan sulit didapatkan.

Ini manfaat puasa Senin Kamis untuk tubuh
Puasa dua kali seminggu, bisa jadi ajang istirahat bagi tubuh kita yang setiap harinya bekerja keras mengolah semua asupan makanan dan minuman. Dengan begitu, metabolisme tubuh akan melakukan reset ulang dan membuat proses pembakaran lemak dan energi di tubuh menjadi lebih efektif.Selain itu, puasa Senin Kamis juga dapat memberikan manfaat lain untuk kesehatan, seperti:

1. Menurunkan berat badan
Jika saat puasa Senin Kamis, Anda mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah, maka secara otomatis asupan kalori di tubuh pun akan berkurang. Namun, manfaat yang satu ini baru bisa tercapai jika Anda melakukannya secara teratur.

2. Menurunkan tekanan darah
Saat berpuasa, tekanan darah Anda akan menurun dibandingkan dengan biasanya. Tekanan darah akan kembali naik saat Anda selesai berpuasa. Namun, Anda bisa mempertahankan tekanan darah tetap qqq stabil selama tidak mengonsumsi makanan yang bisa memicu darah tinggi.

3. Menurunkan kolesterol
Puasa Senin Kamis juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat di tubuh jika dilakukan secara teratur. Namun masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar memastikan manfaat yang satu ini.

4. Meningkatkan fungsi otak
Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, berpuasa beberapa kali dalam seminggu terbukti bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

5. Mencegah kanker
Rutin berpuasa dinilai bisa mengendalikan kadar insulin dan meredakan peradangan atau inflamasi di tubuh. Keduanya merupakan faktor biologis yang telah lama dikaitkan dengan terbentuknya sel kanker.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung
Saat kadar insulin di tubuh lebih seimbang, maka risiko terjadinya penyakit jantung juga akan menurun. Manfaat ini juga bisa didapatkan dari turunnya kadar trigliserida, kolesterol, dan berat badan, saat seseorang rutin menjalani puasa Senin Kamis.

7. Tidur jadi lebih nyenyak
Puasa membuat jam makan Anda jadi lebih teratur. Selain itu ketika berpuasa, Anda biasanya menyesuaikan jam makan malam dengan jam berbuka, sehingga lebih awal dari jam makan malam kebanyakan orang.Hal ini membuat lambung punya lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dengan baik sebelum Anda tidur. Jadi saat tidur, perut terasa lebih ringan dan tidak begah. Dengan begitu, Anda akan tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan lebih segar.

8. Menurunkan risiko diabetes
Rutin puasa Senin Kamis juga dinilai bisa menurunkan risiko seseorang terkena diabetes melitus tipe 2. Sebab, berpuasa bisa mengendalikan insulin dan membantu penurunan berat badan, dua hal yang berhubungan erat dengan diabetes.

9. Mencegah Alzheimer
Alzheimer adalah salah satu penyakit gangguan otak yang paling umum terjadi. Penyakit ini belum ada obatnya, sehingga cara terbaik saat ini adalah dengan mencegahnya.Puasa Senin Kamis bisa jadi salah satu usaha untuk mencegah Alzheimer. Melalui penelitian hewan uji, binatang percobaan yang berpuasa secara rutin mengalami penurunan risiko Alzheimer.

10. Memperpanjang umur
Umur memang tak ada yang tahu. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa berusaha untuk mempertahankan kesehatan agar risiko yang menyebabkan kematian bisa berkurang.Rutin menjalani puasa Senin Kamis, dinilai dapat memperpanjang usia karena dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Kegiatan ini juga akan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. (*/sehatq/red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.