Kamis, 25 April 24

Puasa Memperbarui Sistem Kekebalan Tubuh Untuk Melawan Covid-19

<span class=Puasa Memperbarui Sistem Kekebalan Tubuh Untuk Melawan Covid-19">
* Dua wanita muslimah sedang lakukan studi

Bagi mereka yang menjalankan puasa, berbangga dan berbahagialah karena ada banyak manfaat melakukan puasa, di antaranya adalah menjaga kesehatan dan kadar lemak dalam tubuh. Puasa dapat memperkuat kekebalan/daya tahan tubuh terhadap serangan virus Corona (Covid-19).

Seperti yang dilaporkan Telegraph, sekelompok ilmuwan di University of Southern California (USC), telah menemukan bahwa puasa selama tiga hari saja setiap bulannya dapat meregenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh, bahkan pada orang tua sekalipun.

Penelitian terbaru menunjukkan, puasa dapat merangsang sel untuk menghasilkan sel darah putih baru, yang dapat membantu dalam memerangi infeksi apapun.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa puasa dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang yang buruk, termasuk penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

Berpuasa juga bermanfaat untuk lansia, karena sistem kekebalan tubuh mereka sudah lemah karena proses penuaan, sehingga mereka tidak mampu melawan penyakit yang umum sekalipun.

Para ilmuwan menjelaskan, puasa untuk kesehatan mampu ‘membalik saklar regeneratif’ yang menendang sel induk untuk membuat sel darah putih baru, yang penting untuk regenerasi sistem kekebalan tubuh.

Valter Longo merupakan penulis dari studi ini yang juga seorang profesor di Sekolah Gerontologi USC Davis.

Menurutnya, ketika seseorang kelaparan, tubuh mencoba menghemat energi, dan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghemat energi adalah mendaur ulang banyak sel kekebalan yang tidak diperlukan, terutama yang mungkin rusak.

“Tubuh yang rusak karena efek kemoterapi atau penuaan, dengan berpuasa, secara harfiah akan menghasilkan sistem kekebalan baru,” jelas Longo. (*)

https://health.grid.id/read/351820208/studi-puasa-untuk-kesehatan-3-hari-memperbarui-sistem-kekebalan-tubuh?page=all

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.