Kamis, 9 Desember 21

Puasa Latih Kesabaran

Puasa Latih Kesabaran
* Buka puasa bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Jakarta, Obsessionnews.com – Bulan Ramadhan merupakan momentum umat muslim di seluruh dunia memperbanyak amal ibadahnya dengan berpuasa selama sebulan. Seperti disiarkan vidio.com puasa merupakan ritual ibadah yang dianjurkan oleh para nabi, sejak nabi Adam AS hingga nabi terakhir Muhammad SAW. Umat Islam wajib berpuasa, bukan saja menahan lapar dan haus tapi bagaimana menahan segala hawa nafsu.

Ramadhan merupakan bulan istimewa. Saum secara bahasa menahan atau berpindah atau meninggalkan dari satu perbuatan ke perbuatan lainnya. Saum juga bisa berarti diam. Secara terminologi saum adalah menahan diri dari makan, minum dan berhubungan badan dengan suami istri dengan niat beribadah kepada Allah mulai terbitnya fajar hingga terbenanmnya matahari.

Pada hakekatnya puasa banyak mengandung banyak hikmah dan faedah. Dengan puasa dapat melatih jiwa dan mengendalikan nafsu serta mendidik jiwa seseorang. Bukan saja itu hikmah puasa untuk melatih kesabaran dan ketabahan bahkan berfaedah untuk kesehatan. Diketahui bersama selain puasa wajib di bulan ramadhan islam juga menganjurkan untuk berpuasa sunah.

Puasa sunah dianjurakn enam hari dibulan syawal, puasa arafah pada 9 dzulhijjah dan puasa tarwiyah pada 8 dzulhijjah bagi yang tidaj menunaikan ibadah haji. Selain itu juga ada puasa senin kamis, puasa daud, puasa asyura, pada tanggal 10 Muharam, ada juga puasa tiga hari di pertengahan bulan.  Namun umat Islam diharamkan puasa di waktu-waktu tertentu, yaitu pada hari Idul Fitri, Idul Adha dan hari tasyrik yaitu pada tanggal 11 dan 13 Dzulhijja. (Asma, @asmanurkaida)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.