Jumat, 26 April 24

Puasa dan Lebaran BI Jabar Siapkan Rp14,44 Triliun

Puasa dan Lebaran BI Jabar Siapkan Rp14,44 Triliun

Bandung, Obsessionnews – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat (KPwBI Prov.Jabar), untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran tahun 2015 menyediakan uang kartal berbagai jenis pecahan  yang berjumlah Rp 14,44 Triliun. Jumlah tersebut lebih tinggi 15,5% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp12,5 triliun.

Menurut Kepala BI perwakilan Jabar Rosmaya Hadi untuk penukaran uang pada saat  Ramadhan, KPwBI Prov.Jabar bekerjasama dengan perbankan (Bank Umum dan BPR) di wilayah Bandung Raya, Subang, Sumedang, Purwakarta, Garut, Sukabumi, Sumedang dan Cianjur, yaitu sebanyak 165 kantor cabang Bank dan 22 kantor BPR. Kerjasama ini telah dirintis sejak tahun 2014 yang mencakup 69 kantor cabang Bank dan 22 kantor BPR. Sehingga KPwBI Prov.Jabar tidak melayani penukaran uang kepada masyarakat secara langsung.

Ia mengatakan KPwBI Jabar telah melakukan langkah-langkah strategis dalam penanganan uang palsu, antara lain KPwBI Prov Jabar telah bekerjasama dengan Kepolisian untuk menanggulangi uang palsu. “Selain itu KPwBI Prov. Jabar terus melakukan edukasi secara intensif baik di perkotaan maupun di desa-desa untuk memberikan informasi terkait keaslian ciri-ciri uang Rupiah,” katanya. Edukasi yang dilakukan KPwBI Prov.

Jabar menggunakan beberapa media publikasi seperti elektronik, televisi, radio, surat kabar maupun edukasi langsung ke masyarakat seperti pelaku usaha, mahasiswa, perbankan dan masyarakat umum, sehingga masyarakat sudah paham dan bisa membedakan antara uang asli dan uang palsu. Upaya tersebut dapat mencegah beredarnya uang palsu di masyarakat, karena masyarakat mengenal ciri keaslian uang Rupiah.

Beberapa strategi untuk meningkatan layanan kas Bank Indonesia kepada masyarakat di bulan Ramadhan 2015, yaitu mengoptimalkan kegiatan kas keliling di dalam kota seperti alun-alun, rest area, mall dan lain-lain sedangkan di luar kota kami lakukan di daerah terpencil di Jawa Barat.             Bank Indonesia bekerjasama dengan perbankan membuka loket di kantornya untuk melayani penukaran kepada masyarakat (165 kantor cabang bank dan 22 kantor BPR).

Juga bekerjasama dengan 5 (lima) Perbankan yaitu membuka Layanan Kas Terpadu di Halaman Parkir Perbankan yang lokasinya cukup strategis, yaitu di daerah Ahmad Yani, Soekarno Hatta, Asia Afrika, Dewi Sartika, Merdeka dan Leuwipanjang.

Kemudian bekerjasama dengan 10 (sepuluh) bank yang berada di sekeling kantor Bank Indonesia untuk melayani penukaran masyarakat.
Membuka outlet layanan penukaran di beberapa tempat seperti bazar, mall, rest area, bandara, stasiun dan tempat keramaian lainnya.

Selain itu, berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk meminimalisir jumlah penjual uang di sekitar kantor Bank Indonesia.
Menyebarkan leaflet informasi jadwal layanan penukaran KPwBI Prov.Jabar selama Ramadhan 2015 dan kantor cabang Bank yang melayani penukaran termasuk hotline service dengan nomor 4230223 ext. 8287 dan 8225 apabila masyarakat membutuhkan informasi terkait layanan kas di bulan Ramadhan 2015. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.