Jumat, 26 April 24

Puasa Bisa Cegah Munculnya Berbagai Penyakit

Puasa Bisa Cegah Munculnya Berbagai Penyakit
* Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)

Puasa Ramadan banyak membawa berkah. Selain dijanjikan ampunan dan terbebas dari api neraka, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani. Karena itu, umat Islam selalu semangat menjalaninya. Apalagi, puasa Ramadan akan mendapat pahala berlipat ganda dibanding hari biasanya.

Puasa semakin sempurna bila ditambah dengan ibadah lain seperti banyak sedekah, sholat sunah, dan rajin membaca Alquran serta memahami maknanya.

Ihwal bermanfaat bagi kesehatan, puasa dapat mencegah kelebihan berat badan atau obesitas. Berat badan berlebih merupakan pintu berbagai penyakit seperti diabetes, potensi serangan jantung, kolesterol tinggi, hingga kanker.

Dengan demikian, puasa dapat membantu mencegah munculnya berbagai penyakit. Demikian hasil penelitian dari University of California tentang tubuh manusia.

 

Menghambat Kanker
Saat sedang puasa, sel-sel tubuh berada dalam mode protektif sehingga menjaga tubuh dari serangan penyakit. Kanker sulit berkembang karena makanan mereka, seperti glukosa, tidak ditemukan dalam aliran darah saat puasa.

Di sisi lain, organ hati dapat bekerja secara efektif selama puasa karena asupan makanan dikurangi. Organ ini berfungsi mengolah racun yang masuk dalam tubuh. Berkat puasa, hati bisa melakukan detoksifikasi maksimal.

Namun, kebaikan puasa bagi kesehatan ini perlu didukung dengan asupan nustrisi baik pula saat berbuka dan sahur. Hindari makanan banyak gula dan karbohidrat ganti dengan protein tinggi dan banyak serat.

 

Butuh Asupan Protein
Protein mempercepat regenerasi sel dari kerusakan-kerusakan terkait usia. Regenerasi ini menurunkan penyakit-penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung coroner, dan osteoporosis.

Sedangkan serat membantu memperbaiki proses metabolisme tubuh. Nutrisi penting jadi mudah diserap sedangkan sisanya cepat dikeluarkan dalam tubuh.

Hal ini membantu mencegah penyakit kanker karena makanan yang mengandung karsinogenik cepat dibuang. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.