Selasa, 26 Oktober 21

Puan, Satu-satunya Menko yang Tak ‘Tergusur’

Puan, Satu-satunya Menko yang Tak ‘Tergusur’

Jakarta, Obsessionnews – Tiga Menteri Koordinator di Kabinet Kerja Jokowi-JK harus menerima kenyataan bahwa posisinya tak selamanya lekang. Presiden Jokowi membuat keputusan dengan melakukan perombakan kabinet (reshuffle).

Kabinet Kerja memiliki empat menteri koordinator yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dari keputusan reshuffle presiden, diketahui hanya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang dijabat oleh putri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Puan Maharani yang tak digusur Jokowi.

Lantas bagaimana komentar Puan mengenai hal ini. “Ya tanya presiden,” kata dia singkat kepada wartawan di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Sejumlah pengamat menilai alasan Jokowi tidak menggantikan posisi Puan karena ada faktor keengganan Jokowi kepada Megawati. Di awal berjalannya pemerintahan ini, hubungan Jokowi dengan Megawati mengalami pasang surut, klimaksnya ketika Jokowi menolak disebut petugas partai.

Belakangan kemesraan kedua figur ini kembali terajut. Dalam berbagai even politik Mega dan Jokowi terlihat sering berbarengan. Seperti menghadiri Mukmatar NU di Jombang, Jatim dan Muktamar Alumni GMNI di JIE Expo Kemayoran Jakarta.

Jokowi tentu ingin tetap bersama Mega. Selain karena sebagai orang yang berjasa mengantarkan dirinya sebagai orang nomor satu di Indonesia, Jokowi juga membutuhkan dukungan politik dari Megawati untuk mengawal jalannya pemerintahan ini.

Hal itu terlihat dengan masuknya, politisi kawakan PDI Perjuangan, Pramono Anung dalam Kabinet Kerja. Pramono yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua DPR diangkat Jokowi sebagai Sekretaris Kabinet menggantikan Andi Widjajanto. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.