Jumat, 19 April 24

PT Wika Raup Laba Bersih Rp 322 Miliar di Tahun Pandemi

PT Wika Raup Laba Bersih Rp 322 Miliar di Tahun Pandemi
* Ilustrasi PT Wijaya Karya. (Foto: The Jakarta Post)

Jakarta, Obsessionnews.com — PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) sesuai laporan keuangan tahun 2020, mencatatkan transaksi penjualan sebesar Rp 16,54 triliun. Pencapaian itu membuat perseroan meraup laba bersih sebesar Rp 322,34 miliar.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito mengatakan, perolehan laba bersih tersebut 54,81 persen lebih tinggi dari review target perusahaan pelat merah bidang konstruksi itu pada 2020 akibat penyebaran pandemi Covid-19.

Kontribusi terbesar dari penjualan didapat dari sektor infrastruktur dan Gedung yang kemudian diikuti secara berturut-turut oleh sektor industri, energi dan industrial plant, serta properti.

Ia melanjutkan meskipun berada di tengah pandemi Covid-19, kondisi keuangan perseroan tetap sehat yang tercermin lewat arus kas positif dari aktivitas operasinya sebesar Rp 141,28 miliar.

“Kami ingin memastikan kondisi WIKA tetap sehat, dimana langkah yang kami ambil adalah melakukan proses bisnis yang adaptif dan tangguh bertahan di tengah pandemi. Sebagai kontraktor, WIKA pun membangun komunikasi aktif dan berusaha untuk menselaraskan kepentingannya dengan kepentingan pemilik proyek. Dengan demikian, schedule maupun progress proyek tetap terjaga dan meminimalisasi terjadinya cost overrun,” ujar Agung dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/3/2021).

Berbagai langkah efisiensi ditempuh dengan melakukan penghematan biaya usaha dan operasional. Langkah ini diambil salah satunya untuk menjaga agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya.

“Kami percaya SDM jadi modal utama untuk menggerakan bisnis WIKA sehingga kelak siap lepas landas ketika kondisi semakin membaik,” katanya.

Menurut Agung, WIKA pada tahun 2021 menargetkan untuk memperoleh kontrak baru sebesar Rp 40,12 triliun dengan target perolehan kontrak di tangan (order book) sebesar Rp 115,02 triliun.

“Proyek-proyek tersebut menjadi modal produksi hingga beberapa tahun mendatang, sehingga dengan kapasitas yang ada sekarang, WIKA akan terus tumbuh. Kami yakin dengan menjalankan protokol pencegahan Covid-19 dan perilaku hidup sehat, target yang telah ditetapkan bisa tercapai dan melanjutkan torehan berbagai prestasi,” ucap dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.