Minggu, 19 September 21

PT Pelindo II Akan Ajukan Praperadilan

PT Pelindo II Akan Ajukan Praperadilan

Jakarta, Obsessionnews – Penggeledahan dan penetapan tersangka FN dalam perkara dugaan korupsi 10 unit mobile crane di PT Pelindo II masih terus didalami oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Namun, dari penggeledahan, penyitaan dan penetapan tersangka itu ada upaya pembelaan dari pihak PT Pelindo II.

Oleh karena itu, pihak PT Pelindo II dengan waktu yang tidak lama akan melakukan upaya praperadilan atas kasus tersebut.

“Kami akan melakukan praperadilan dalam waktu dekat, untuk penggeledahan, penyitaan dan penetapan tersangka FN,” ujar Kuasa hukum PT Pelindo II, Rudi Kabunang di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2015).

Menurut Rudi, pihaknya menemukan kejanggalan terkait penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan penyidik Bareskrim Agustus lalu tersebut.

Dia menjelaskan, surat penyitaan itu seolah-olah dibuat tanggal 28 Agustus padahal surat berita acara sita ditanda-tangani 8 Oktober. Ini dijadikan dasar, permohonohan penyitaan.

“Dampaknya berita acara penyitaan itu tidak sah,” ungkap dia.

Seperti diketahui, Bareskrim Polri menggeledah kantor Pelindo II di Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (28/8) lalu. Penggeledahan dibarengi dengan mem-police line 10 unit crane. Unit crane untuk memindahkan peti kemas itu dalam penyitaan polisi.

Selain menyita 10 unit crane, Direktorat Tipid Eksus Bareskrim Polri juga menyita sejumlah dokumen di lokasi. Penggeledahan terkait adanya dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang dalam pengadaann unit crane.

Penggeledahan dipimpin langsung oleh Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso dan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Brigjen Victor Edi Simanjuntak. Mereka didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Hengki Haryadi dan Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Victor Inkiriwang.

Adapun, ruangan yang digeledah yakni ruangan Dirut Pelindo II RJ Lino, Direktur Teknik dan Operasi, ruangan Bagian Keuangan dan Bagian Hukum. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.