Minggu, 8 Desember 19

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Tingkatkan Performa untuk Pelayanan Prima

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Tingkatkan Performa untuk Pelayanan Prima
* Penyerahan piagam MURI oleh Jaya Suprana kepada KAI yang diterima oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Jakarta, Obsessionnews – Tahun 2015 bisa dikatakan sebagai tahun yang produktif bagi PT Kereta Api Indonesia (Persero). Pasalnya, di bawah kepemimpinan Edi Sukmoro, sang Direktur Utama, selama tahun 2015, PT KAI berhasil meluncurkan beberapa layanan dan inovasi yang niscaya dapat menambah rangkaian panjang daftar transformasi PT KAI.

Edi meyakini di era yang dinamis dan serba cepat saat ini, masyarakat khususnya pengguna jasa kereta api sangat membutuhkan layanan yang dapat memudahkan dan membuat semuanya serba efektif dan efisien.

“Kemajuan dan inovasi ini menjadi salah satu bukti PT KAI tak akan berhenti menggali potensi yang ada untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan memajukan perkeretaapian Indonesia. Niscaya ke depannya, kereta api dapat menjadi penyokong bagi pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat Indonesia,” ujar Edi.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro berbincang bersama penumpang KA Ekonomi saat Angkutan Lebaran 2015 lalu.
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro berbincang bersama penumpang KA Ekonomi saat Angkutan Lebaran 2015 lalu.

Sejumlah layanan yang berhasil diluncurkan di tahun 2015, diantaranya rangkaian kereta api Cirebon Ekspres dengan gerbong kereta yang telah dimodifikasi (retrofit) KA Cirebon Ekspres retrofit.

Pengguna jasa KA akan dimanjakan dengan fasilitas tambahan yang terdapat pada rangkaian kereta api Cirebon Ekspres dengan gerbong kereta yang telah dimodifikasi (retrofit) ini, sehingga naik KA Cirebon Ekspress seperti berada dalam hotel berjalan. E-kiosk, yakni layanan pembelian tiket kereta api menggunakan vending machine; Fasilitas Rail Transit Suite Gambir yang dikelola anak perusahaan PT KAI yaitu PT KA Pariwisata; Digital Book “Jejak Kenangan Kereta Api di Jawa”; Fasilitas Commuter Vending Machine; menunjuk band ST12 sebagai Duta Kereta Api.

Selain itu PT KAI juga meluncurkan Rail Clinic yang berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia; Interior Motif Tidar dan Nuansa Borobudur pada KA Kaligung Mas (Semarang Poncol-Tegal).

PT KAI juga berhasil menjalankan beberapa angkutan kereta api seperti KA petikemas PT KALOG yang terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Perak (di Terminal Peti Kemas Surabaya); KA Perintis Batara Kresna (Purwosari-Wonogiri); KA Kertajaya Rangkaian Panjang (Pasar Senen-Malang); KA Barang Baru (Semen Bima PT Star, Semen Tiga Roda, dan Pupuk PT Pusri).

Selama tahun 2015, PT KAI telah diganjar 63 penghargaan. Beberapa diantaranya, yakni 16 penghargaan dalam ajang “The Best Contact Center Indonesia 2015”, terpilih sebagai Perusahaan Terpercaya (Trusted Company) berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI), mendapatkan penghargaan “Recognition of Performance Excellence” dalam “Asia Pacific Contact Center Association Leader 2015” di Singapura, dan beberapa ajang bergengsi lainnya. Di tahun yang sama, PT KAI juga telah berhasil mengangkut 326,06 juta penumpang dan 29,71 juta ton barang.

Interior Motif Tidar pada KA Kaligung Mas.
Interior Motif Tidar pada KA Kaligung Mas.

“Seluruh pencapaian dan prestasi ini bukanlah sesuatu yang instan, melainkan buah dari kerja keras dan konsistensi seluruh keluarga besar KAI selama beberapa tahun ke belakang. Harapannya, tentu di tahun 2016 ini, pelayanan kepada pelanggan bukan hanya dianggap sebagai kewajiban. Namun lebih dari itu, setiap insan perkeretaapian harus menganggapnya sebagai budaya yang melekat dalam kegiatan sehari-hari,” ungkap Edi.

Berhasil menunjukkan kinerja yang cemerlang di tahun 2015, PT KAI telah menetapkan sejumlah target pada 2016, yakni mengangkut 62,92 juta ton barang dan 357,87 juta penumpang. Tahun ini pula, PT KAI akan meluncurkan sistem boarding pass serupa di bandara. PT KAI juga akan meningkatkan porsi pendapatan dari angkutan barang di Jawa dan Sumatera dengan menawarkan konsep Total Logistic Solution kepada customer untuk memberikan layanan angkutan barang pick up & delivery secara door to door services.

Selain itu, PT KAI melalui anak usahanya PT KA Logistik akan mengoperasikan kereta barang di Pelabuhan Tanjung Priok bekerjasama dengan JICT, Pelindo II, dan Cikarang Dry Port. Sedangkan anak perusahaan KAI lainnya, yakni PT KAPM yang mengerjakan proyek rel kereta baru dan stasiun di Pelabuhan Tanjung Priok. PT KAI pun akan fokus pada pengembangan angkutan penumpang jarak jauh, Commuter Line Jabodetabek, KA Bandara Soekarno Hatta, dan Bandara Kualanamu.

Ke depannya, berbagai tugas besar pun telah menanti PT KAI. Seperti yang telah banyak diberitakan, PT KAI telah ditunjuk oleh Pemerintah sebagai operator dari berbagai pengembangan moda transportasi massal andalan di tanah air. Diantaranya, PT KAI akan menjadi operator KA Trans Sulawesi, Trem Surabaya, dan LRT Jabodetabek.

“Di atas semua target tersebut, pada 2016 PT KAI terus bertekad untuk senantiasa mengutamakan kebutuhan pengguna jasanya dengan memberikan berbagai kemudahan. Di tahun ini, inovasi maupun sistem yang dikembangkan tetap bermuara untuk semakin memudahkan pengguna jasanya. Niscaya, semua inovasi dan modernisasi pada perkeretaapian ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” pungkas Edi. (Naskah: Giattri F.P./Men’s Obsession)

Related posts

1 Comment

  1. Robi hidayat

    Mau tanya saya umur 19 tapi belum punya ktp.. Aku ingin pergi megunakan kereta api.. Sedangkan chek in harus mengunakan ktp paspor atau sim.. Mohon penjelasanya terima kasih

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.