Kamis, 26 Mei 22

PT KAI Luncurkan Kereta Kesehatan

PT KAI Luncurkan Kereta Kesehatan

Bandung, Obsessionnews – Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (12/12), meluncurkan kereta kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Edi menjelaskan peluncuran kereta kesehatan yang biasa disebut Rail Clinic bersamaan dengan penyerahan piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) oleh pendiri sekaligus Ketua MURI, Jaya Suprana kepada PT KAI atas keberhasilannya merancang kereta kesehatan pertama di Indonesia.

Ia memaparkan pembuatan Rail Clinic ini dilatarbelakangi memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Dibuatnya Rail Clinic ini juga menurutnya sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT KAI.

Dijelaskannya proses pengerjaannya sudah dilakukan sejak 10 Oktober 2015 lalu di Balai Yasa Yogyakarta dan ditargetkan selesai dan dapat dioperasikan pada Desember 2015.

Untuk kemudahan dalam operasinya, imbuh Edi diperlukan kereta yang tak tergantung lokomotif sehingga pengaturan operasional Rail Clinic dapat lebih leluasa.

“Oleh karena itu armada yang digunakan oleh tim Balai Yasa untuk pembuatan Rail Clinic adalah dengan retrofit kereta rel diesel (KRD),” ujar Edi.

Edi menambahkan Rail Clinic ini juga dilengkapi dengan toilet ramah lingkungan. Rangkaian Rail Clinic terdiri atas 2 kereta yang masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda.

Rail Clinic2

Secara umum, jelas Edi fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat tertama.

Keberadaan Rail Clinic, timpal Edi diharapkan dapat membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi para pegawai dan masyarakat di sepanjang jalur KA dan dapat digunakan bersama kereta penolong untuk memberikan bantuan ketika terjadi situasi gawat darurat atau bencana alam.

Edi menambahkan kereta kesehatan pertama ini direncanakan akan menunaikan tugas pertamanya pada 19 Desember 2015 mendatang dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di sekitar Stasiun Wojo, Kecamatan Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

“Dengan adanya Rail Clinic ini, kami berharap dapat membantu pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah bencana atau daerah-daerah yang tak terjangkau oleh kendaraan bermotor. Ini adalah salah satu bentuk komitmen PT KAI sebagai organisasi perusahaan yang dapat memberikan nilai tambah yang tinggi bagi masyarakat,” tandas Edi Sukmoro.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut menjaga kereta api pada umumnya dan Rail Clinic khususnya, sebagai fasilitas publik milik Negara yang juga milik masyarakat. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.