Sabtu, 4 Februari 23

Proyek Turnkey Andalan Waskita Karya di 2018

Proyek Turnkey Andalan Waskita Karya di 2018
* Proyek Waskita Karya. (foto: You Tube)

Jakarta, Obsessionnews.comPT Waskita Karya Tbk (WSKT) mencatat laba bersih WSKT sekitar Rp 4,27 triliun. Hal itu telah melampaui target berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) sebesar Rp 3,5 triliun. Ada selisih sekitar 22% antara realisasi laba bersih dengan RKAP.

Pencapaian laba bersih itu ditopang pemasukan perusahaan yang juga terbilang tinggi. Sepanjang 2017 realisasi pendapatan WSKT diperkirakan sebesar 45,44 triliun, naik 91% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, Rp 23,79 triliun.

Namun, meski ada kenaikan pendapatan, lonjakan laba bersih juga merupakan efek dari margin sejumlah anak usaha. Margin dari anak usaha termasuk PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dan proyek turnkey punya margin yang relatif lebih tinggi.

Meski belum mau memberikan gambaran proyek yang memberikan margin tinggi, namun yang pasti proyek turnkey juga bakal menjadi salah satu andalan perusahaan tahun ini.

WSKT akan mendapatkan pembayaran sejumlah proyek turnkey senilai Rp 12 triliun hingga Rp 15,7 triliun mulai tahun 2018 hingga 2019. Pendapatan itu berasal dari sejumlah kontrak proyek infrastruktur. Salah satunya, jalan tol Batang Semarang. Pengerjaan proyek ini bergulir mulai 25 Juli 2016 dengan nilai Rp 6,42 triliun.

Untuk catatan, perolehan kinerja WSKT tersebut masih berdasarkan prognosa, belum melalui proses audit. Namun, diharapkan realisasi kinerja hasil audit nanti tidak berbeda jauh dengan prognosa awal.

Tentang PT Waskita Karya 

Waskita Karya atau sering disebut WSKT adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesiayang bergerak di bidang konstruksi. Perusahaan ini berasal dari nasionalisasi perusahaan Belanda Volker Aannemings Maatschappij N.V. pada tahun 1961 dan berubah bentuk menjadi persero pada tahun 1973.

WSKT merupakan salah satu perusahaan negara terkemuka di Indonesia yang memainkan peran utama dalam pembangunan negara. Waskita Karya mulai mengembangkan usahanya sebagai kontraktor umum yang lebih luas terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan termasuk jalan raya, jembatan, pelabuhan, bandar udara, bangunan, tanaman pembuangan air kotor, pabrik semen, pabrik dan fasilitas industri lainnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.