Sabtu, 28 Januari 23

Proyek Strategis Stadion Utama Dibangun di Sumbar

Proyek Strategis Stadion Utama Dibangun di Sumbar

Padang, Obsessionnews – Main Stadion merupakan salah satu proyek strategis Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan dibangun di Nagari Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman. Pekerjaan proyek stadium berkapasitas antara 30-40 ribu penonton itu akan dimulai bulan Juli 2015.

Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Pemukiman (Disprasjaltarkim) Sumbar Suprapto mengatakan, Main Stadion yang dirancang sebagai lokasi utama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumbar. Stadion dengan anggaran Rp25 Milliar mulai dibangun bulan Juli 2015, setelah sebelumnya mengalami gagal tender karena adanya perbaikan desain di awal tahun 2015.

stadion sumbar

Saat ini pembangunan Main Stadion sedang memasuki proses tender. Sebelumnya proses tender gagal, karena ada perbaikan desain yang mesti disesuaikan dengan kondisi wilayah Padang Pariaman yang rawan gempa.

“Awal tahun lalu sebenarnya sudah kita tender, tapi gagal. Peserta tender banyak kok. Gagal ini disebabkan adanya perubahan desain menyesuaikan dengan kondisi kegempaan. Awalnya main stadium ini terbuka, terus dirubah desainnya separuh tertutup,” kata Suprapto saat dihubungi obsessionnews.com, Minggu (24/5).

Suprapto menjelaskan, meskipun proyek pembangunan Main Stadion merupakan salah satu proyek strategis untuk dikerjakan di tahun ini, pembangunannya merupakan program jangka panjang yang tidak mungkin diselesaikan dalam satu tahun karena keterbatasan anggaran.

ss2

Tahun ini, sebagai tahap awal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mengalokasikan anggaran sebesar Rp25 milliar. Dana sebesar itu baru sebatas untuk pemancangan awal bangunan stadion.

Suprapto memperkirakan, waktu penyelesaian pembangunan Main Stadion selesai selama tujuh sampai delapan tahun. Tahun 2024, pada pelaksanaan PON XXI di Sumbar, Main Stadion sudah dapat difungsikan sepenuhnya.

Main Stadion akan dibangun di atas tanah seluas 38,5 hektare di Nagari Sikabu Kabupaten Padang Pariaman. Di areal itu akan dilengkapi dengan 4 gedung olahraga, danau buatan untuk olahraga air, serta satu bukit untuk olahraga sepeda gunung.

ss3

Lebih lanjut, Suprapto menambahkan, sejumlah proyek strategis yang pekerjaannya dimulai dalam tahun ini, perbaikan gedung rohana kudus, perbaikan GOR H Agussalim, perbaikan kantor gubernur Sumbar, dan Main Stadion.

“Program Main Stadium ini jangka panjang, karena anggaran kita terbatas. Perlahan-lahanlah, jangan sampai terburu-buru supaya jangan tersandung masalah hukum. Kita kan baru selesai pembebasan lahan, mudah-mudahan awal Juli mulai pelaksanaan pemancangan dulu,” ujar Suprapto. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.