Selasa, 26 Januari 21

Proyek Meikarta Berdampak Negatif terhadap Petani

Proyek Meikarta Berdampak Negatif terhadap Petani
* Pembangunan proyek Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Foto:Twitter @TheMeikarta)

Jakarta, Obsessionnews.com – Dua tahun terakhir ini di media sosial (medsos) dan media massa dominan menyajikan kajian atau tulisan lingkungan proyek Kota Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menunjukkan dampak positif. Bahkan kajian dan tulisa tersebut dapat dinilai berlebih-lebihan bagaikan iklan promosi Meikarta semata.

Muchtar Effendi Harahap
Pengamat politik yang  juga Ketua Tim Studi Network for South East Asian Studies (NSEAS) Muchtar Effendi Harahap.

Tetapi, di mata peneliti senior Network for South East Studies (NSEAS) Muchtar Effendi Harahap proyek pembangunan Meikarta berdampak negatif.

Muchtar mengungkapkan proyek Menukarnya berdampak negatif terhadap lahan pertanian yang selama ini paling menjanjikan bagi petani.

“Proyek pembangunan Meikarta mengakibatkan alih fungsi dari pertanian menjadi proyek properti raksasa yang tidak sanggup dijangkau masyarakat atau warga di sekitar proyek,” kata Muchtar dalam keterangan tertulisnya kepada obsessionnews.com, Sabtu (3/11/2018).

Dampak negatif turunan, lanjutnya, yakni bertambahnya jumlah orang menganggur dan hilangnya sumber mata pencaharian masyarakat di sekitar proyek Meikarta. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.