Senin, 30 November 20

Prosesi Wisuda Naik Sepeda

Prosesi Wisuda Naik Sepeda
* Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Unsoed Dr.Nurul Hidayat dan Dr.Lasmedi Afuan.

Dosen Informatika Fakultas Teknik (FT) Universitas Jenderal Siedirman (Unsoed)  Nurul Hidayat meraih gelar Doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam Ujian Tertutup secara daring atau online. Ujian dilaksanakan dengan aplikasi Google Meet pada Hari Selasa, 05 Mei 2020. Cara tersebut ditempuh guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Dosen Ahli Educational Data Mining, Learning Analytic, dan Technopreneurship Nurul Hidayat menyandang gelar Doktor dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia dinyatakan lulus S-3, ungkap Tim Promosi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum, pada hari Selasa 22072020 saat mendampingi wisuda “goweser” asal Desa Tlingsing, Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten, Jateng Dr. Nurul Hidayat (Dr. ENHA).

Dr. ENHA memaparkan pada hari Rabu, 22 Juli 2020 telah berlangsung acara Wisuda Pascasarjana yakni Wisuda Program Magister dan Doktor Periode IV Tahun Akademik 2019/2020 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM). Suasana sepi terlihat di kampus UGM pada pelaksanaan wisuda kali ini merupakan sikap dan langkah terbaik yang harus dilakukan untuk meminimalisir kerumunan atau keramaian. Sebagai upaya yang bermanfaat untuk menekan atau memperlambat terjadinya penularan atau penambahan kasus, wisudawan dengan menerapkan protokol kesehatan datang ke kampus hanya mengambil Berkas Wisuda yang berisi Ijazah dan transkrip, setelah itu mahasiswa bebas acaranya, di antaranya banyak wisudawan melakukan sesi foto bersama baik di fakultas maupun universitas, termasuk 2 wisudawan Dr. Nurul Hidayat dan Dr. Lasmedi Afuan melakukan prosesinya dengan bersepeda, papar Pengurus Pusat dan Pengelola Website (www.aptikom.or.id) APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Komputer dan Informatika), Pengurus Pusat IndoCEISS (www.indoceiss.or.id), juga membantu Pelaksanaan PPG SPADA Kemristekdikti (2016 – 2019)”Dr. ENHA.

Einstein mengatakan jika biasanya wisuda dirayakan di kampus bersama teman-teman dan dihadiri oleh orang tua untuk melihat putra dan putrinya meresmikan kelulusannya. Namun wisuda pada kali ini berbeda dalam merayakan wisuda pada saat pandemi Covid-19 yakni 2 wisudawan yang kebetulan berasal dari kampus yang sama Dr. ENHA dan Dr. Lasmedi Afuan yang juga Dosen Informatika FT Unsoed melakukan prosesinya dengan bersepeda Keliling Kampus UGM, kemudian dilanjutkan bersepeda keliling Kota Yogyakarta sejauh 20 Km. Ke dua wisudawan S3 Prodi Ilmu Komputer Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika (DIKE) MIPA UGM ini beralasan jika dirinya ingin memasyarakatkan olah raga dengan cara bersepeda di hari spesialnya itu.

Einstein menambahkan bahwa Dr. ENHA juga selaku Ketua B2W UNSOED (pegowes Bike to Work Unsoed) terus mengkampanyekan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari terutama budaya bersepeda saat pergi bekerja. Berbagai kegiatan lain Dr. ENHA, di antaranya salah satu pendiri SELIMAS (Sepeda Lipat Banyumas), PITAKOM (Pit-pitan APTIKOM), SPK (Sedulur Pit Klaten), SLiK (Sepeda Lipat Klaten), Saat ini Dr. ENHA juga menghandel Youtuber ENHA Channel dan ALISLAMTV Channel, jelas Einstein.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.