Sabtu, 16 Oktober 21

Prosesi Ijab Kabul Kahiyang dan Bobby Berjalan Lancar

Prosesi Ijab Kabul Kahiyang dan Bobby Berjalan Lancar
* Prosesi ijab kabul Kahiyang dengan Bobby di Gedung Graha Saba Buana, pada Rabu (8/11/2017) pagi. (foto: Youtube.com/CNN)

Solo, Obsessionnews.com – Prosesi ijab kabul putri dari Presiden Jokowi yakni Kahiyang Ayu, dengan Bobby Afif Nasution di Gedung Graha Saba Buana, pada Rabu (8/11/2017) pagi berjalan lancar. Prosesi diawali dengan pengucapan ijab kabul yang dilakukan oleh Jokowi dari pihak mempelai wanita kepada mempelai pria Bobby.

Pada Ijab Kabul tersebut, di awal kata Jokowi mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, lalu berkata kepada bobby. “Saudara Muhammad Bobby Afif Nasution bin Ir Erwin Nasution…,” ujar Jokowi mengawali ijab kabul putrinya dengan Bobby.

“Saya Muhammad Bobby Afif Nasution bin Ir Erwin Nasution…,” Bobby menjawab perkataan dari Jokowi.

Kemudian Jokowi melanjutkan. “Saya nikahkan dan jodohkan anak kandung perempuan saya, Kahiyang Ayu, dengan engkau, Muhammad Bobby Afif Nasution bin Ir Erwin Nasution, dengan mas kawin seperangkat alat shalat dan emas 80 gram dibayar tunai,” ucapnya.

Dengan sigap Bobby menjawab. “Saya terima nikahnya Kahiyang Ayu bin Joko Widodo dengan mas kawin seperangkat alat shalat dan emas 80 gram dibayar tunai,” katanya.

Penghulu kemudian bertanya kepada saksi. “Sah?”

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution yang menjadi saksi kompak menjawab. “Sah. Amin,” dengan kompak mereka menjawab.

Sebelumnya, Kahiyang menjalani sederet prosesi pernikahan dengan Bobby. Rangkaian dimulai dengan kirab dan akan ditutup resepsi hingga malam hari.

Saat rangkaian kirab, keluarga Bobby berangkat dari Hotel Alila, Jalan Slamet Riyadi, Solo. Bobby akan naik kereta kuda menuju gedung pernikahan. Rutenya adalah Hotel Alila Solo – Jl Slamet Riyadi – belok kiri ke Jl Ahmad Yani sampai Bundaran Manahan – setelah bundaran terus ke Jl Letjen Suprapto – Graha Saba Buana.

Sementara itu, Kahiyang akan melewati rute kirab yang lebih singkat. Dia akan berangkat dari kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber menuju Jl Letjen Suprapto – Graha Saba Buana.

Saat kirab ribuan relawan Jokowi ikut bertugas jadi pagar betis. Kereta kuda hingga deretan polwan dan tentara wanita berpakaian adat juga mengikuti kirab.

Setelah Kahiyang dan Bobby tiba di Graha Saba Buana, akad nikah dimulai. Jokowi dan Bobby akan mengucapkan ijab kabul dengan Jusuf Kalla dan Menko Darmin Nasution sebagai saksi.

Rencananya setelah akad akan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan di gedung yang sama. Ada resepsi siang yang dimulai dari pukul 10.30-13.00 WIB. Pada malam harinya, resepsi kembali digelar pada pukul 18.30 WIB. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.