Selasa, 25 Januari 22

Program BUMN Mengajar, Peruri Beri Bantuan Sarana Sekolah

Program BUMN Mengajar, Peruri Beri Bantuan Sarana Sekolah
* (Dari kiri ke kanan) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Karawang, Dadan Sugardan, Direktur SDM dan Umum Peruri, Noor SDK Devi, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Direktur Utama Peruri, Prasetio, dan Kepala Sekolah SMK N 1 Karawang, Agus Rukmawan berbincang setelah pelaksanaan Program BUMN Mengajar yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Karawang pada Kamis (1/9/2016).

Karawang, Obsessionnews.com – Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) melaksanakan Program BUMN Mengajar yang  diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/9/2016). Program BUMN Mengajar yang bertema “Indonesia Negeri Kebanggaanku” ini merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-71 RI.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Direktur Utama Peruri Prasetio berfoto bersama siswa SMK N1 Karawang pada acara BUMN Mengajar yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Karawang pada Kamis (1/9/2016).
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Direktur
Utama Peruri Prasetio berfoto bersama siswa SMK N1 Karawang pada acara
BUMN Mengajar yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Negeri 1 Karawang pada Kamis (1/9/2016).

Direktur Utama (Dirut) Peruri, Prasetio, berkesempatan untuk memberikan pemaparan mengenai peranan BUMN dalam kehidupan bangsa dan berbagi kisah sukses perjalanan kariernya. Selain itu Prasetio juga menjelaskan mengenai keunggulan dan kinerja Peruri sebagai salah satu perusahaan  yang mencetak produk-produk vital negara. Sekitar 300 siswa beserta guru pendamping berkumpul di  aula sekolah untuk mendengarkan paparan Prasetio.

“Perlu kerja keras, disiplin dan kejujuran untuk menjadi orang yang sukses. Oleh karena itu saya berpesan kepada seluruh siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh, tunjukkan prestasi dan berdoa kepada Allah SWT, Insya Allah kalian akan menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa,” pesan Prasetio di hadapan para siswa.

Direktur Utama Peruri, Prasetio, dan Direktur SDM dan Umum Peruri, Noor SDK Devi,  berfoto bersama siswa SMK N 1 Karawang pada acara BUMN Mengajar yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Karawang pada Kamis (1/9/2016).
Direktur Utama Peruri, Prasetio, dan Direktur SDM dan Umum Peruri, Noor
SDK Devi, berfoto bersama siswa SMK N 1 Karawang pada acara BUMN Mengajar
yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1
Karawang pada Kamis (1/9/2016).

Setelah Dirut Peruri membuka acara BUMN Mengajar tersebut, acara dilanjutkan oleh Kepala Divisi Jaminan Kehandalan Peruri, Dwi Tjatur Mulia sebagai pengajar. Dwi merupakan contoh yang bisa diteladani karena membangun karier dari bawah sebagai teknisi. Berkat kerja keras dan ketekunannya, alumni SMK N 1 Cimahi (STM Pembangunan Bandung) ini dipercaya menjabat sebagai Kepala Divisi yang bertanggung jawab mengenai penjaminan kualitas dan kehandalan permesinan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Karawang, Direksi Peruri, Direktur Utama Anak Perusahaan Peruri, beberapa pimpinan Peruri, Kepala Sekolah SMK N 1 Karawang, serta para guru.Pada saat upacara pembukaan ditampilkan kesenian tari Jaipong dan atraksi konfigurasi yang membentuk formasi “BUMN Mengajar” yang melibatkan ± 600 siswa SMK N 1 Karawang.

Selain di SMK N 1Karawang, Peruri juga menyelenggarakan program serupa di sekolah yang berada di sekitar lokasi kantor anak perusahaan, antara lain Jakarta – Peruri Digital Securiy (PDS); Jakarta – Peruri Property (PePro); Padalarang – PT KertasPadalarang (PTKP); Surabaya – PeruriWiraTimur (PWT); Medan – KSO PeruriDivisi Barat (PDB). Bertindak sebagai pengajar dalam kegiatan BUMN Mengajar di beberapa daerah tersebut adalah direktur pada masing-masing anak perusahaan.

Di samping menjalankan program Kementerian BUMN RI tersebut, Peruri juga berkesempatan memberikan bantuan senilai Rp 50 juta rupiah yang ditujukan untuk penataan kamar kecil siswa.

“Ini merupakan karya nyata dan kontribusi BUMN dalam berperan serta membangun kapasitas nasional melalui generasi penerus bangsa,” kata Prasetio.

Dia berharap melalui kegiatan sharing knowledge semacam ini dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru bagisiswa.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Karawang, Dadan Sugardan, menyatakan dukungannya atas pelaksanaan BUMN Mengajar. “Kami selaku Pemerintah Kabupaten Karawang sangat mendukung penuh kegiatan semacam ini. Hal ini sangat penting karena para siswa dapat bertemu secara langsung dengan profesional yang kompeten di bidangnya,” kata Dadan.

Kepala Sekolah SMK N 1 Karawang, Agus Rukmawan mengungkapkan kegembiraannya dapat menjadi bagian dalam perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN RI dan Peruri pada khususnya, karena telah memilih sekolah kami dalam program BUMN Mengajar. Pesan-pesan yang disampaikan sangat menginspirasi siswa,” kata Agus.

Ia mengharapkan hal itu dapat menggugah motivasi belajar para siswa.

Dua siswa kelas XII, Sobri dan Yusri, mengaku antusias mengikuti acara BUMN Mengajar.  Sobri mengatakan, bahwa materi yang disampaikan sangat menginspirasi dan menambah wawasan, khususnya mengenai Peruri.

“Kita jadi tahu mengenai dunia kerja dan apa saja profesi-profesi yang ditawarkan oleh perusahaan,” ungkap Yusri

Perlu diketahui pada 2016 Peruri bersama 4 BUMN lainnya (Perumnas, PT PTPN IX, KIW, danSarinah) mendapat tugas dari Kementerian BUMN RI untuk melaksanakan program BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Jawa Tengah (Jateng). Beberapa program yang telah dilaksanakan, yaitu Upacara Hari Kemerdekaan ke-71 RI, Siswa Mengenal Nusantara (SMN), jalan sehat 5 Km, penyediaan sarana air bersih, pembinaan mantan atlet nasional, bedah rumah veteran, penyediaan sarana air bersih, dan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK), serta kegiatan lomba-lomba untuk masyarakat. (Iwan Lubis)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.