Minggu, 20 Januari 19

‘Passion’ Linda Widjaja yang Tetap Membara

‘Passion’ Linda Widjaja yang Tetap Membara
* Owner & Vice President PT VKOOL Indah Lestari Linda Widjaja.

Naskah: Elly Simanjuntak | Foto: Fikar Azmy

 

Widjaja bukanlah sesuatu hal yang baru, karena kakeknya sejak dulu adalah seorang pengusaha aksesoris mobil. Lulusan National Taiwan University jurusan sastra Inggris ini berkata, “Dari mulai sekolah dasar saya memang sudah dekat dengan yang namanya aki mobil, kaca film, busi, baut, ban mobil, dan lainnya. Seingat saya sewaktu remaja bisnis kaca film sudah ada, lalu tahun 1995 karena memiliki reputasi di bidang otomotif di Tanah Air, keluarga suami saya diangkat menjadi distributor eksklusif kaca film V-KOOL di Indonesia.”

Saat itu fungsi kaca film hanyalah untuk menggelapkan saja, agar privasi terjaga. Manfaat lain seperti menolak panas, ultraviolet atau inframerah belum ada dan pilihannya hanya tiga, yaitu warna biru, hijau atau hitam. Kehadiran V-KOOL bisa dibilang menjadi momentum penting kebangkitan industri dan pasar kaca film di Indonesia. Selain melakukan promosi secara nasional, Linda bersama timnya memberikan edukasi terus menerus akan manfaat kaca film berteknologi canggih dengan bahan metal ini melalui pameran, press conference, ajang temu klien, dan lainnya.

“Mengingat, fungsinya begitu banyak tak hanya menolak panas, tapi dari sisi kesehatan kita bisa terhindar efek negatif inframerah. Antara lain bersumber dari sinar ultraviolet, lampu pijar, pantulan sinar matahari, dan radiasi aspal yang terpapar sinar matahari siang. Semua ini adalah penyebab kulit terbakar, penyakit kanker, penuaan dini, dan kerusakan retina atau katarak. Selain manfaat kesehatan, berbagai aksesori mahal di dalam mobil juga terlindungi tidak cepat rusak seperti jok kulit, audio, dan hemat bahan bakar, sebab daya kerja AC bisa lebih diturunkan,” papar perempuan tangguh yang telah menggeluti usaha ini selama 23 tahun.

Tak terasa outlet V-KOOL hingga kini sudah berjumlah 87 tersebar di 31 kota di Tanah Air. Jumlah karyawan di kantor pusat ada sekitar 200 termasuk para teknisi dan sampai saat ini tidak terjadi perampingan karyawan. Linda tetap optimis target di akhir tahun bisa tercapai, walaupun tidak sebagus tahun sebelumnya, akibat naiknya nilai dolar terhadap mata uang rupiah.

Di tengah situasi ekonomi yang menantang, prestasi memuaskan berhasil dicapai kaca film V-KOOL dalam riset Top Brand Index (TBI) oleh Frontier Consulting Group di 15 kota besar di seluruh Indonesia. Di surveinya tahun ini, Frontier Consulting Group melibatkan 13.600 responden dan menggunakan tiga parameter yaitu, Top of Mind Share, Top of Market Share, dan Top of Commitment Share. Dalam bahasa konsumen, merek peraih Top Brand adalah yang paling dikenal konsumen di Indonesia, banyak dibeli, dan mampu menciptakan loyalitas konsumen. Pada kategori kaca film mobil, nilai TBI V-KOOL sebesar 54,2%, sehingga mengukuhkan hasil ini sebagai kemenangan mutlak mengalahkan para kompetitor lainnya.

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.