Senin, 10 Desember 18

Gagasan Najelaa Dorong Perkembangan Pendidikan di Indonesia

Gagasan Najelaa Dorong Perkembangan Pendidikan di Indonesia
* Founder Semua Murid Semua Guru Najelaa Shihab. (foto: Fikar Azmy)

Selama dua dekade, Magister Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggagas aneka inisiatif untuk mendorong perkembangan pendidikan di Indonesia. Najelaa menyimpan optimisme transformasi pendidikan ke arah yang lebih baik.

Jakarta, Obsessionnews.com – Keinginan untuk menjadi pendidik tampaknya sudah ada dalam dirinya sejak kecil. Dilatarbelakangi seringnya menyaksikan ayahanda Quraish Shihab yang juga seorang pendidik. “Teman-teman sebaya saat itu bilang saya selalu ingin menjadi guru. Seiring waktu, saya semakin yakin bahwa pendidikan dan perkembangan anak itu bidang yang ingin saya geluti. Setelah lulus kuliah, saya menjadi dosen di Universitas Indonesia. Dua tahun kemudian, saya mulai mendirikan pra sekolah Cikal waktu itu yang hingga sekarang sudah tahun ke-19,” ungkap ibu tiga putri ini.

Najelaa yang memiliki nama kecil Elaa ini menginisiasi beberapa komunitas, selain sekolah Cikal antara lain Kampus Cikal untuk calon guru maupun guru, dan Komunitas Guru Belajar di 142 kota di seluruh Indonesia dengan 400 penggerak dan 14.300 guru. Selain itu bekerja sama dengan orangtua di Relawan Keluarga Kita (Rangkul) yang peduli bahwa pengasuhan adalah urusan bersama.

Tahun lalu ada 16.400 orang tua di 62 kota. Dia juga menggagas situs inibudi.org yang berisi video-video belajar untuk siswa. Semua bisa diakses online oleh murid-murid homeschooling, anak-anak putus sekolah, ataupun dikirimkan ke daerah-daerah di Indonesia yang akses internetnya kurang maupun tidak ada sama sekali.

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.