Rabu, 12 Desember 18

Axton Salim Inisiator di Dunia Digital

Axton Salim Inisiator di Dunia Digital
* Director di PT Indofood Sukses Makmur tbk. Axton Salim (foto: @axtonsalim)

Jakarta, Obsessionnews.com – Nama Axton Salim di dunia digital cukup mengejutkan. Dengan Block71 Jakarta, kiprahnya di dunia digital patut diperhitungkan. Selain itu Axton juga merupakan salah satu dari 26 konglomerat generasi muda yang bertemu Presiden Jokowi di Istana beberapa waktu lalu.

Tapi siapa sebenarnya pewaris generasi ketiga dari kerajaan bisnis Salim Group ini? Axton meraih gelar Bachelor of Science Business Administration dari University of Colorado, Amerika Serikat. Pernah berkarir di Credit Suisse Singapore. Pada 2004 menjadi Brand Manager PT Indofood Frito Lays Makmur.

Kemudian 2007 sampai 2009, menjadi Assistant to CEO PT Indofood Sukses Makmur tbk. Dia mendampingi sang ayah, Anthony Salim yang menjabat President & CEO Indofood.

Sejak 2009 sampai sekarang menjadi Director di PT Indofood Sukses Makmur tbk. Axton juga tercatat menjadi Director di Codigo Pte Ltd sejak 2010 sampai sekarang. Codigo merupakan perusahaan mobile app.

Axton merupakan generasi ketiga dari Salim Group. Perusahaan yang  mengembangkan sayapnya ke bisnis startup dan digital. Generasi ketiga pewaris kerajaan bisnis Liem Sioe Liong ini menjadi inisiator inkubator startup, Block71 Jakarta namanya.

Inkubator ini dibuat Axton bersama National University of Singapore Enterprise (NUS) Enterprise. Dia memulai inisiatif ini karena ingin mendukung para wirausahawan sekaligus mendorong perkembangan baru di Indonesia.

Block71 merupakan fasilitas inkubator dengan luas 1.500 meter persegi yang terletak di Kuningan, Jakarta. Fasilitas ini bertujuan untuk mendukung inovasi dan pengembangan kewirausahaan di Singapura dan Indonesia dengan menjadi ecosystem builder dan global connector yang mengkatalisasi dan menghubungkan para pelaku start up.

Start up di Indonesia dan Singapura dapat memanfaatkan sumber daya dan koneksi dalam jaringan global Block71 Jakarta untuk memulai kewirausahaan mereka dan mendapatkan akses ke pasar internasional. Jaringan dan pengalaman Salim Group akan memfasilitasi masuknya startup dan inovasi ke pasar lokal.

Block71 Jakarta ini diresmikan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Lim Hng Kiang.

Block71 Jakarta merupakan landasan bagi para wirausahawan dan inovator asal Singapura dalam membangun hubungan dengan komunitas startup di Indonesia serta menjajaki peluang untuk bekerja sama.

Lewat perusahaan itulah Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (ICBC) ini mengaku akan terus mengoptimalkan bisnis digital Grup Salim. Hasilnya memang sudah terlihat. Menurut anak dari Anthony Salim tersebut, pihaknya sudah menemukan salah satu start up potensial. Yaitu Regopantes, ini adalah e-commerce yang menghubungkan petani dengan para pedagang langsung.

Dalam situs Regopantes disebut bila start up tersebut menjamin pengiriman ke tangan konsumen bisa sampai kurang lebih 12 jam saat transaksi penjualan berjalan. Melihat keunikan Regopantes itulah yang membuat Axton Salim melalui Block 71 berani berinvestasi di start up pertanian tersebut. Jadi, dia melihat digital bisa menjadi solusi masa depan dan empowering community.

Hanya saja, Axton tak merinci besaran injeksi modal yang diberikan ke usaha rintisan tersebut. Termasuk juga target bagi Regopantes. Ia hanya menjelaskan bila ragam investasi yang ditanamkan pihaknya ke para start up tidaklah besar. Termasuk juga ke Regopantes.

Yang jelas, target utama dari Block71 adalah melihat start up yang potensial. Lantas setelah mendapat suntikan modal, bisa berkembang lebih lanjut. Terutama dalam pengembangan pasar. Tidak cuma di dalam negeri saja tapi juga luar negeri. Ini memanfaatkan jaringan dari National University of Singapore serta Block71 yang ada di beberapa negara, seperti Singapura dan lainnya.

Meski Regopantes di bidang pertanian, Axton memastikan bila pihaknya tidak melihat sektor start up tertentu sebagai bidikannya. Pihaknya melakukan mix sector, karena sistemnya adalah coworking space (Block71). (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.