Senin, 18 Januari 21

Profil Kamala Harris, Perempuan Pertama yang Jadi Wakil Presiden AS

Profil Kamala Harris, Perempuan Pertama yang Jadi Wakil Presiden AS
* Kamala Harris. (Foto: Twitter Kamala Harris)

Jakarta, Obsessionnews.com – Joe Biden dan Kamala Harris dipastikan menjadi pemenang dalam pilpres Amerika Serikat dan dapat melenggang ke Gedung Putih setelah mampu meraih 290 suara elektoral. Dengan capaian itu, Harris menjadi wanita pertama yang menggebrak batasan tinggi dengan terpilih sebagai wakil presiden pertama Amerika Serikat atau AS.

Harris membuat sejarah dan membantu Biden untuk mengakhiri pemerintahan Donald Trump yang bergejolak. Ia adalah wanita kulit hitam keturunan Asia Selatan pertama yang terpilih menjadi jaksa agung California, Senat dan sekarang menjadi wakil presiden AS. Dengan memenangkan kursi wakil presiden, dia akan sangat dekat dari kepemimpinan Amerika Serikat.

“Meskipun saya mungkin wanita pertama di kantor ini, saya tidak akan menjadi yang terakhir. Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini melihat bahwa ini adalah negara yang penuh peluang dan bagi anak-anak terlepas dari jenis kelamin Anda, negara kami telah mengirimkan pesan yang jelas: Bermimpilah dengan ambisi, pimpin dengan keyakinan,” ungkao Harris dalam pidatonya, Minggu (8/11/2020).

Kamala Harris lahir di Oakland, California pada 20 Oktober 1964. Ia lahir dan besar dari orang tua yang aktif dalam gerakan hak-hak sipil, yakni Donald Harris dari Jamaika dan Shyamala Gopalan Harris dari India.

Namun, keluarga mereka harus bercerai sehingga Kamala diasuh oleh sang Ibu, Shyamala. Kamala mengaku sangat dekat dengan ibunya bahkan namanya merupakan pemberian dari sang Ibu yang telah meninggal di tahun 2009 lalu.

Nama ‘Kamala’ berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘bunga teratai’. Selain itu, arti kata ‘Kamala’ juga merupakan julukan lain dari dewi kesejahteraan, keberuntungan, dan keindahan dari agama Hindu, yakni dewi Lakshmi.

Kamala Harris mendapatkan pendidikan di Howard University. Secara historis universitas tersebut dikenal sebagai perguruan tinggi kulit hitam dan memiliki perkumpulan mahasiswa pertama untuk perempuan berkulit hitam.

Selain di Howard University, Kamala juga diketahui menempuh pendidikan di University of California, Hastings. Ia pun mulai aktif dalam bidang yang ia geluti.

Pada tahun 2017, Kamala Harris dipercaya untuk menjadi senator mewakili California. Setelah itu, ia aktif di Homeland Security and Governmental Affairs Committee, Select Committee on Intelligence, Committee on the Judiciary, dan Committee on the Budget.

Kamala Harris telah menikah dengan Douglas Emhoff pada tahun 2014. Douglas sendiri berprofesi sebagai pengacara dan memiliki dua anak dari pernikahan sebelumnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.