Jumat, 3 Februari 23

Prof Zudan: MTQ Korpri Bertujuan Menyatukan Indonesia

Prof Zudan: MTQ Korpri Bertujuan Menyatukan Indonesia
* Ketum Korpri Prof Zudan, Mendagri Tito dan Gubernur. Sumbar Mahyeldi pada MTQ IV Korpri di Padang. (Ist)

Obsessionnews – Ketua Umum DPN Korpri Prof Zudan Arif Fakrullah mengatakan, bahwa MTQ adalah ajang menyatukan Indonesia. Demikian dikatakan saat memberi smabutan pada malam ta’aruf.

“Awalnya MTQ bukan untuk kompetisi, MTQ ada untuk memperkokoh persatuan, membangun ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniyah”, ujar Prof Zudan di kantor Gubernur Sumatera Barat, Minggu (6/11/2022).

Dikatakan Zudan, bahwa MTQ Korpri dari tahun ketahun semakin besar dan meriah. Bahkan saat ini banyak pemerintah kab/kota dan perguruan tinggi siap berpartisipasi.

Senada dengan Zudan, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara paling toleran di dunia.

“Indonesia merupakan bangsa paling toleran. Meski rentan karena Indonesia terdiri dari berbagai agama, budaya, bahasa, jajaran pulau namun Indonesia mampu menjaga harmoni semua itu karena nilai-nilai toleransi dipegang teguh bangsa Indonesia”, ujarnya.

Oleh karena itu, Mahyeldi berharap malam tarauf ini dapat mempererat seluruh kafilah yang turut hadir pada perhelatan dua tahunan ini.

Menyinggung pelaksanaan MTQ Korpri, Mahyeldi mengaku bersemnagat agar daerah yang dipimpinnya mendapat berkah al-Qur’an.

“Kenapa kami bersemangat? Agar mendapat berkah al-Quran, al-Quran tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat padang, sesuai dengan semboyan kami”, ungkapnya.

Juara 1 Kafilah Sumbar akan diguyur 200 juta

Dalam rangka memberikan perhatian dan dukungan terhadap para hafiz hafizah dan qari qariah dirinya berjanji akan memberikan hadiah untuk para juara 1 asal Sumatera Barat senilai 200 jt.

Tampak hadir Ketua panitia pusat yang juga Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Nizar, Imam Besar Masjid Istiqlal, KH. Nasaruddin Umar, Mantan Menteri Agama, KH. Said Agil Husin al-Munawar dan Direktur Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta, Prof Darwis Hude.

Hadir pula jajaran panitia pusat dan daerah, seluruh dewan hakim, pengawas dan panitera. Malam taaruf sendiri di awali dengan jamuan makan malam dengan menu masakan khas padang serta tarian selamat datang.

Pembukaan MTQ VI Korpri Tingkat Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2022 malam. Pada tanggal 7 pagi hingga sore terlebih dahulu dilaksanakan pelantikan dewan hakim dan seminar al-Qur’an.

 

Saat Dewan Hakim Lantunkan AlQuran dengan Indah

Selain perlombaan, sesi yang paling ditunggu dalam setiap Musabaqoh Tilawatil Quran, adalah Haflah (perayaan) Al-Quran oleh qori dan qoriah terbaik. Begitu pula dalam MTQ VI Korpri tingkat nasional di Padang, Sumatera Barat, digelar Haflah Tilawah Al Qur’an yang dirangkai dalam acara Malam Ta’aruf di Istana Gubernuran Sumbar, Jl. Jend. Sudirman No. 50, Padang, Ahad (6/11/2022) malam.

Acara yang bertujuan untuk membesarkan dan mengagungkan asma Allah tersebut dihadiri Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Ketua Umum Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh beserta jajaran, ketua panitia sekaligus Sekda Prov Sumbar Hansastri, para Dewan Hakim, serta perwakilan peserta dari seluruh Indonesia.

Istimewanya, haflah tilawah Al Quran pada Malam Ta’aruf MTQ Korpri Nasional ini dilantunkan oleh para Dewan Hakim yang memiliki suara terjaga merdu meskipun usia tak lagi bisa dibilang muda.

Salah satu Dewan Hakim MTQ VI Korpri Nasional itu, misalnya, Prof. H. Said Agil Husin Al Munawar, yang memiliki suara indah dan nafas panjang.

Ia memimpin enam anggota Dewan Hakim lainnya untuk melantunkan ayat suci Al-Quran, yakni H. Muhammad Ali, H. Ahmad Muhajir, H. Abdul Aziz, H. Suhardi, H Yasir Arafat, Hj Asrina dan Hj Sri Wahyuni.

Prof. Aqil Husin Al Munawar mengawali haflah dengan melantunkan surat Al Isra ayat 82.

“Wa nunazzilu minal-qur`āni mā huwa syifā`uw wa raḥmatul lil-mu`minīna wa lā yazīduẓ-ẓālimīna illā khasārā,” lantunnya dengan tartil serta suara yang merdu, sehingga bagi pendengarnya menambah keyakinan betapa Al Quran itu adalah Firman Allah yang amat sangat indah.

Lantunan surah ini kemudian diikuti para dewan hakim lain secara bergantian dengan suara yang tidak kalah indah didengar.

Setiap dewan hakim selesai melantunkan ayat suci Al Quran, seluruh hadirin menyambutnya dengan kata,”Allaaaah…”

Begitu juga saat Dewan Hakim perempuan, yakni Hj. Sri Wahyuni, juara 1 pada MTQ International di Iran tahun 2012 dan Hj Asrina qoriah terbaik asal Sumbar melantunkan penggalan dari surat Al Ahzab ayat 21.

“Laqad kāna lakum fī rasụlillāhi uswatun ḥasanatul limang kāna yarjullāha wal-yaumal-ākhira wa żakarallāha kaṡīrā,” lantun kedua qoriah terbaik itu yang terkadang membawakannya secara berduet.

Saat ditanya bagaimana kiatnya menjaga suara mereka yang begitu indah dan membuat bergetar hati pendengarnya, rata-rata para dewan hakim itu karena seringnya latihan.

Yang menarik jawaban Prof. Aqil Husin Al Munawar. Dosen dan mantan Menteri Agama pada Kabinet Gotong Royong (2001-2004) itu di usianya yang ke-68 tahun mengaku masih rutin olahraga lari pagi, berenang dan menyelam. “Alhamdulillah rutin lari saya masih mampu menyelam 3 menit. Saya juga pernah juara marathon,” kata pria yang mulai menjadi qori sejak usia 5 tahun.

“Harus menjaga pola makan juga, hindari minuman dingin,” kata Doktor Hj. Sri Wahyuni.

“Harus dirawat dan rutin berlatih,” timpal Hj Asrina.

Walhasil, acara malam ta’aruf bagi para peserta MTQ VI Korpri itu berlangsung penuh khidmat. Ayat-ayat suci Al-Quran yang dilantunkan para dewan hakim yang kaya pengalaman sebagai qori dan qoriah di ajang internasional berhasil membius hadirin seolah-olah mendengar langsung Allah Yang Maha Besar berfirman.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, kegiatan ini diharapkan menjadikan ASN lebih memahami dan mencintai Al-Quran. Terlebih, dalam menerapkan Al-Quran sebagai petunjuk yang hakiki dalam menjalankan hidup sehari-hari.

“Alhamdulillah, malam ini kita berkumpul dalam suasana penuh keberkahan dan rahmat Allah SWT. Semoga Haflah ini menjadikan kita semua menjadi insan yang semakin mencintai Al-Quran dan senantiasa menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dalam hidup kita,” kata Ketum Korpri Zudan Arif Fakrulloh. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.