Kamis, 18 Agustus 22

Prof Jimly: Ahok Harus Cuti

Prof Jimly: Ahok Harus Cuti

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie mengatakan, Basuki T Purnama alias Ahok harus mengikuti peraturan yang ada untuk cuti sebagai Gubernur DKI Jakarta bila ingin maju kembali sebagai gubernur‎.

Menurutnya, Pasal 70 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada‎ yang mengatur tentang keharusan cuti bagi kepala daerah tetap berlaku sebelum ada aturan yang baru. Aturan baru itu pun tidak berlaku bila calon sudah mendaftarkan diri.

“Kalau putusan (MK) berdampak pada perubahan aturan, itu harus dipertimbangkan. Pertama, apakah ditetapkan sebelum pendaftaran calon atau sesudah. Kalau sesudah pendaftaran calon, sedianya itu berlaku untuk periode ke depan, bukan yang sekarang,” kata Jimly, Minggu (18/9/2016).

Masa pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur yang ditetapkan KPUD DKI Jakarta berlangsung sejak Rabu (21/9/2016) hingga Jumat (23/9/2016). Ahok sendiri masih melakukan uji materi untuk mengungat UU tersebut di Mahkamah Konstitusi (MK) dan belum ada putusan.

“Ini kan tahapan yang terintegrasi, tidak boleh dipecah-pecah. Begitu seseorang mendaftar, aturan mainnya juga harus dipatuhi secara utuh secara keseluruhan,” tutur Jimly.

Namun, Jimly secara pribadi setuju dengan gagasan Basuki yang meminta agar calon petahana tidak perlu cuti saat kampanye. “Sebagai ide, boleh-boleh saja, tetapi lima tahun lagi. Jadi nanti incumbent itu bukan hanya cuti, tetapi juga dilarang kampanye. Itu sih saya setuju, tetapi sebagai ide untuk lima tahun mendatang, bukan sekarang,” ujar dia.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.