Senin, 23 September 19

Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc., Rektor Universitas Lambung Mangkurat

Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc., Rektor Universitas Lambung Mangkurat
* Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. (Foto: Sutanto)

Impian besar Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. satu persatu tercapai. Dua periode duduk di ‘menara gading’ perguruan tinggi kebanggaan Urang Banua, Sutarto berlimpah prestasi yang sangat membanggakan. Torehannya berpijak pada inovasi yang selalui menuai kemajuan.

 

Kamis, 20 Juni 2019. Raut wajah Sutarto berbinar, kebahagiaan kelahiran Banjarmasin, 31 Maret 1966 itu membuncah. Hari itu, ULM mencetak sejarah baru: mengukuhkan lima profesor sekaligus. Satu dari Fakultas Kedokteran, satu dari Fakultas Hukum, satu dari FISIP, dan dua dari FKIP. Kini, jumlah profesor di ULM pun bertambah menjadi 49 orang. Pada acara pengukuhan 5 orang profesor baru itu, Sutarto menyampaikan pesan penting bahwa program “Satu Prodi Satu Profesor” yang diretasnya secara perlahan terus bergerak. Ia berharap momen baik itu menjadi langkah besar agar kampus besar di selatan pulau Kalimantan tersebut menjadi semakin terkemuka dan berdaya saing.

“Saya optimis target minimal 100 orang profesor dapat tercapai dalam waktu dekat. Ini akan menjadi lompatan besar yang akan membawa kemajuan yang signifikan bagi ULM, khususnya dalam bidang pengembangan akademik, mutu pembelajaran dan penelitian,” tuturnya saat berkisah penuh semangat kepada Men’s Obsession. Optimistis Sutarto sangat wajar. Pasalnya, saat ini lebih dari 315 orang dosen ULM telah berkualifikasi Doktor (S3). Mereka umumnya adalah dosen-dosen mudah berusia di bawah 50 tahun. Generasi akademisi ULM inilah yang kelak akan membawa ke kejayaan ULM. Menembus kancah global, menjadi universitas kelas dunia dalam 10 tahun ke depan.

Terlebih lagi dengan institusi yang terakreditasi A dari BAN-PT dan jumlah prodi yang terakreditasi A berjumlah 25 prodi, tak ada alasan bagi ULM untuk tidak siap melangkah lebih jauh menjadi perguruan tinggi yang terkemuka dan berdaya saing. Apalagi ULM ditunjang oleh sarana dan prasarana yang berstandar internasional, antara lain dengan 12 gedung baru dan beberapa infrastruktur tambahan, seperti Digital Library dengan akses internet yang kencang, Lecture Theater Building, Student Activity Center Building, Sport Hall, dan lain sebagainya.

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.