Selasa, 31 Maret 20

Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB)

Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB)
* Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. (Foto: Sutanto/Istimewa)

Diberi amanah menjabat Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) periode 2015 – 2020, Kadarsah Suryadi memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat, yaitu membawa ITB bertransformasi dari Research University menuju Entrepreneurial University. Bukan hal yang mudah dan membutuhkan perjalanan panjang. Namun, Kadarsah telah berhasil menciptakan atmosfer entrepreneurial di lingkungan kampus sebagai langkah awal menuju Entrepreneurial University. Belum lagi segudang prestasi membanggakan yang berhasil diraih kampus berskala internasional ini.

Dalam menuju Entrepreneurial University, Kadarsah mempersiapkannya dengan tiga kebijakan utama, yaitu excellent in teaching and learning, bagaimana menciptakan lulusan yang kelak akan menjadi profesional, excellent in research adalah bagaimana menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai peneliti yang siap mengembangkan ilmunya, dan excellent in innovation & entrepreneurship adalah bagaimana menciptakan lulusan sebagai inovator dan entrepreneur yang menciptakan lapangan kerja.

Sarana dan prasarana pun dipersiapkan dalam mendukung tujuan ITB menuju Entrepreneurial University. ITB menyediakan Lembaga Pengembangan Inovasi Kewirausahaan (LPIK ITB) sebagai tempat mempertemukan para peneliti dan para inovator dengan dunia industri yang bertujuan menghasilkan entrepreneur baru. Kemudian ITB juga dipercaya Kemenristekdikti menjadi Pusat Unggulan IPTEK Nasional melalui ‘Center of Excellence’ yang bekerja sama dengan pihak internasional, seperti dari UC Berkeley, MIT Amerika Serikat dan Kyoto University.

Kini, di bawah kepemimpinan Kadarsah, ITB telah berhasil melangkah menuju Entrepreneurial University dengan menciptakan atmosfer entrepreneurial sebagai langkah awal. Hal itu terlihat dari seluruh mahasiswa, dosen, dan para tenaga kependidikan di ITB yang telah berkomitmen dengan semangat entrepreneurial university, termasuk semangat mengikuti lomba inovasi dan entrepreneur bagi para mahasiswa, baik skala nasional, maupun skala internasional.

Beberapa penghargaan internasional yang diraih para mahasiswa ITB, antara lain Juara 1 L’OREAL Brandstorm Challenge Global 2019 yang diselenggarakan L’Oréal, Salle Pleyel di Paris, Perancis pada 24 Mei 2019, berhasil mengalahkan peserta dari Amerika, Eropa dan negara lainnya. Kemudian, Juara 1 dalam Asia-Pacific Imperial Barrel Award American Association of Petroleum Geologist (IBA competition) yang diadakan oleh AAPG 2019, dan meraih Juara AIRBUS Flyyourideas 2019 Video Competition kategori Mixed Reality Challenge yang diselenggarakan oleh AIRBUS pada Mei 2019 lalu.

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.