Kamis, 7 Juli 22

Pria Lebih Berpotensi Mengalami Bau Mulut

Pria Lebih Berpotensi Mengalami Bau Mulut

A.Rapiudin
Jakarta– Dibanding wanita, pria memiliki potensi besar dan rentan mengalami halitosis atau bau mulut. Para pria cenderung menggunakan cara-cara mudah  dan simple untuk mengatasi bau mulut yang mengurangi rasa percaya diri tersebut.

Menurut drg. Cipthadi Oka Binarta, M. Biomed, dari Universitas Trisakti, penyebab halitosis  terbagi dalam dua kriteria. Pertama, penyebab fisiologis seperti makanan, minuman, obat, rokok, dan lainnya. Dan kedua, penyebab sistemik,  seperti gingivitis, periodontis, penyakit diabetes, dan lainnya.

“Jika tidak memiliki gangguan tertentu, maka secara umum penyebab fisiologis ekstra oral menjadi masalah utama pria mengalami bau mulut. Misalnya, makanan yang dikonsumsi atau karena merokok,” terang Cipthadi saat peluncuran “Formula Mouthwash Ultimate Experience” di Jakarta, Senin (27/5).

Mengenai cara simple yang ditempuh  kaum pria  untuk mengatasi bau mulut dengan cara mengunyah permen, Cipthadi mengatakan, hal tersebut tidak bisa menghilangkan bau mulut dalam jangka waktu lama.

“Permen hanya berfungsi sebagai penyegar. Bahkan, kandungan sukrosa dalam permen dapat menyebabkan karies dan gigi berlubang. Dan gigi berlubang inilah yang biasanya menimbulkan bau mulut,” ujarnya.

Cipthadi menambahkan, cara terbaik menuntaskan bau mulut adalah dengan memperbaiki penyebabnya dan menjaga kesehatan mulut dengan lebih baik. Apalagi, lidah dalam mulut seperti karpet, dimana sisa makanan dan bakteri dengan mudah menempel.

“Ketimbang mengunyah permen, lebih baik menggunakan mounthwash. Dengan kandungan triclosan dan zat-zat lain di dalamnya, mounthwash berfungsi  sebagai anti bakteri dan anti jamur yang sangat baik menjaga aroma dan kesehatan gigi serta mulut,” urai Cipthadi.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.