Minggu, 25 Oktober 20

Presiden Trump Dikirimi Racun Hirup di Gedung Putih

Presiden Trump Dikirimi Racun Hirup di Gedung Putih
* Presiden Trump dan gedung putih. (Foto: yournews)

Gawat! Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikirimi sebuah paket berisi racun risin dialamatkan kepada dirinya di Gedung Putih, yang berbahaya jika menghirupnya.

Namun, paket berisi bubuk racun risin di dalam amplop surat yang ditujukan kepada Presiden AS Donald Trump tersebut berhasil dicegat sebelum mencapai Gedung Putih, kata sejumlah pejabat kepada media di AS.

Paket berupa surat itu ditemukan di sebuah fasilitas khusus penyaringan surat-surat untuk Gedung Putih awal pekan ini, kata para pejabat.

Mereka mengatakan zat yang ditemukan di dalam amplop itu diidentifikasi sebagai risin, racun yang secara alami ditemukan dalam biji jarak.

Pemerintahan Trump belum mengomentari laporan tersebut.

Biro Penyelidik Federal (FBI) dan Dinas Rahasia tengah menyelidiki dari mana paket itu berasal dan apakah ada surat serupa yang dikirim melalui pelayanan pos.

“Saat ini, tidak ada ancaman terhadap keselamatan publik,” kata FBI kepada stasiun televisi CNN dalam sebuah pernyataan pada Sabtu.

Siapa pengirim racun risin untuk Trump?
Seorang pejabat mengatakan kepada New York Times bahwa tim penyelidik meyakini bahwa paket itu dikirim dari Kanada.

Sebuah laporan resmi menyebutkan bahwa keberadaan paket berisi racun risin itu telah dikonfirmasi setelah diuji oleh FBI.

Kepolisian Kanada mengatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya bekerja sama dengan FBI untuk menyelidiki “surat mencurigakan yang dikirim ke Gedung Putih”.

Apa yang terjadi jika risin ditelan atau dihirup?
Racun risin diproduksi dengan mengolah biji jarak. Ini adalah zat mematikan yang, jika ditelan, dihirup, atau disuntikkan, dapat menyebabkan mual, muntah, pendarahan, dan akhirnya gagal organ.

Sejauh ini belum ada penawar yang diketahui untuk risin.

Apabila seseorang terpapar risin, kematian dapat terjadi dalam 36 hingga 72 jam, tergantung pada dosis yang diterima, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

CDC berkata racun ini – yang sudah pernah digunakan dalam berbagai rencana aksi teror – dapat dibuat menjadi senjata dalam bentuk bubuk, kabut, atau butiran.

Siapa pejabat AS yang pernah dikirim racun risin?
Gedung Putih dan sejumlah gedung federal lainnya pernah menjadi sasaran paket berisi racun risin di masa lalu.

Pada 2014, seorang pria asal Mississippi, AS dijatuhi hukuman 25 tahun penjara karena mengirim surat yang ditaburi risin kepada mantan Presiden Barack Obama dan pejabat lainnya.

Empat tahun kemudian, pada 2018, seorang veteran Angkatan Laut didakwa mengirim surat beracun ke Pentagon dan Gedung Putih. (Red)

Sumber: BBC News

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.