Jumat, 24 September 21

Presiden SBY Terjunkan Prajurit Padamkan Api di Riau

Presiden SBY Terjunkan Prajurit Padamkan Api di Riau

Presiden SBY di Lanud Halim PK. (setkab)

Rudi

Jakarta-Presiden SBY  menerjunkan  2.000 prajurit gabungan untuk memadamkan api di lahan dan hutan di Riau. Para prajurit tersebut dilepas  dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (25/6/2013). Presiden yang didampingi para menteri dari jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II, Kapolri, Panglima TNI bersama para Kepala Staf, dan Kepala BNPB selaku  pemegang kendali Satgas PB Asap adalah Syamsul Ma’arif sempat berdialog dengan para prajurit.

Sebelumnya, SBY juga meninjau beberapa pesawat Hercules yang diterbangkan ke Riau untuk melakukan misi tersebut.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta pengertian negara sahabat atas bencana kebakaran hutan yang menyebabkan asap. Secara khusus Presiden meminta maaf kepada Singapura dan Malaysia terkait kabut asap yang melanda kedua negara tersebut.

 “Selaku Presiden RI, saya meminta maaf dan pengertian saudara-saudara kami di Singapura dan Malaysia. Tentu tidak ada niat Indonesia atas apa yang terjadi ini. Dan kami bertanggung jawab untuk mengatasinya,” kata Presiden SBY dalam jumpa pers usai memimpin  rapat terbatas dengan sejumlah menteri dan lembaga negara nondepartemen di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (24/6) malam.

Terkait bencana asap yang menimpa Singapura dan Malaysia, yang bersumber dari kebakaran hutan di wilayah Riau itu, menurut analisis Presiden SBY, ada faktor alam tapi ada juga faktor manusia. “Kebetulan, sekali lagi, arah angin dari Sumatera melintasi Malaysia dan Singapura menuju Filipina, ini juga faktor yang membuat aliran asap menjadi tebal,” kata Presiden SBY.

Presiden  menilai Provinsi Riau terlambat dalam mengantisipasi dan melakukan penanganan dini terhadap kebakaran hutan yang menimbulkan bencana asap ke negara tetangga. Namun Presiden meminta semua pihak untuk tidak saling salah-menyalahkan.

 “Bekerja bersama-sama pusat dan daerah. Kerahkan semua kekuatan yang kita miliki untuk bisa segera mengatasi bencana asap dan kebakaran lahan ini,” pinta SBY.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.