Selasa, 5 Maret 24

Presiden Jokowi Instruksikan Bendungan Kuningan Segera Disambungkan dengan Jaringan Irigasi

Presiden Jokowi Instruksikan Bendungan Kuningan Segera Disambungkan dengan Jaringan Irigasi
* Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuningan, Jawa Barat, Selasa (31/8/2021). (Foto: FB Kementerian PUPR)

Kuningan, obsessionnews.com Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Kuningan Acep Purnama meresmikan Bendungan Kuningan, Jawa Barat, Selasa (31/8/2021).

Baca juga:

Dukung Ketahanan Pangan, Bendungan Sepaku Semoi Ditargetkan Rampung Dibangun pada Akhir 2022

Mantap! Kementerian PUPR Telah Rampungkan Konstruksi Bendungan Marangkayu

“Saya berharap bendungan ini dapat memberikan nilai tambah bagi daerah bukan saja untuk irigasi, tetapi juga bermanfaat untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat Kuningan,” ujar Presiden Jokowi.

Dikutip obsessionnews.com dari laman Facebook Kementerian PUPR dalam kesempatan tersebut Jokowi  juga menginstruksikan agar Bendungan Kuningan segera disambungkan dengan jaringan irigasi. Hal ini dimaksudkan agar bendungan itu betul-betul bermanfaat menyediakan air irigasi bagi para petani.

Dengan kapasitas tampung 25,9 juta m3, Bendungan Kuningan akan menyuplai air secara kontinu bagi 3.000 ha daerah irigasi di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Brebes. Bendungan ini juga bermanfaat bagi ketahanan air, menghindari banjir, menyediakan air baku 0,30 m3/detik, objek wisata, serta menghasilkan listrik 0,5 MW. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.