Selasa, 29 September 20

Presiden Jokowi Akan Buka Puncak Harkopnas 2019 di Purwokerto

Presiden Jokowi Akan Buka Puncak Harkopnas 2019 di Purwokerto
* Sekretaris Kemenkop dan UKM Rully Indrawan memimpin jumpa pers peringatan Harkopnas 2019. (Foto: Kemenkop UKM)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) akan menyelenggarakan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di Purwokerto, Banyumas, Jateng, pada 12 Juli 2019. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka acara tersebut.

“Harkopnas kali ini diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 20.000 masyarakat koperasi dan stakeholders koperasi dari seluruh Indonesia,” kata Sekretaris Kemenkop dan UKM Rully Indrawan di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Harkopnas 2019 kali ini mengambil tema “Reformasi Total Koperasi Di Era Industri 4.0”. Perayaan Harkopnas 2019 ini kental dengan warna milenial serta bernuansa budidaya dan kearifan lokal. Memilih Kota Purwokerta sebagai tempat pelaksana membuat Harkopnas 2019 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kemenkop dan UKM bersama Dekopin berupaya agar Harkopnas yang dirayakan setiap tahun ini menjadi wadah konsolidasi segenap stakeholders gerakan koperasi nasional. Lebih dari itu Harkonas merupakan momentum tahunan sebagai upaya mempromosikan koperasi sebagai sistem ekonomi berkeadilan yang mensejahterakan.

“Selain terobosan baru memilih Kota/Kabupaten, Harkopnas 2019 juga bervariasi dan berlangsung dalam periode cukup lama, 8 bulan, yaitu dati Maret hingga Oktober 2019,” ujar Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM Luhur Pradjarto.

Dalam puncak perayaan Harkopnas tersebut, akan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Presiden Jokowi. Kemudian Presiden beserta Ibu Negara Iriana Jokowi akan menyaksikan pagelaran budaya Grebeg Gunungan Koperasi, pertunjukan budaya lokal ini akan diawali karnaval gunungan produk unggulan koperasi dan UKM dari setiap daerah di Jateng.

“Berawal dari alun-alun Kota Purwokerto, karnaval itu akan berakhir di GOR Satria, arena puncak perayaan. Saat puncak Grebeg Gunungan di GOR itulah, rencananya Bapak Presiden akan membagikan secara simbolis produk unggulan koperasi dan UMKM kepada wakil undangan dan masyarakat koperasi,” papar Ketua panitia Harkopnas 2019, Pahlevi Pangerang.

Selain berpidato, Presiden Jokowi juga akan menyematkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan dan Satya Lencana Wirakarya kepada pejabat dan tokoh yang berjasa dalam pembangunan. Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga akan menyerahkan Penghargaan Bhakti Koperasi, Koperasi Berprestasi dan KUR.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan mengunjungi lokasi Harkopnas Expo 2019 di arena seputar Stadion GOR Satria. Harkopnas Expo 2019 yang digelar pada 11-14 Juli 2019 merupakan etalase pencapaian gerakan koperasi nasional bersama Dekopin dan pemerintah baik di pusat, maupun daerah, perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD di seluruh Indonesia.

“Harkopnas Expo juga menjadi wadah strategis untuk mempromosikan produk-produk unggulan beserta peluang bisnis dan investasi yang dimiliki koperasi dan UMKM di seluruh Indonesia,” kata Pahlevi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.