Kamis, 26 Mei 22

Presiden Duterte Tegas! Filipina Cekal Masuk Pejabat Uni Eropa

Presiden Duterte Tegas! Filipina Cekal Masuk Pejabat Uni Eropa

Wakil Sekjen Partai Sosialis Eropa ditangkap oleh polisi imigrasi bandara Cebu ketika tiba di negara ini, dan langsung diusir dari Filipina.

Menurut laporan IRNA, otoritas keamanan Filipina hari Selasa (17/4), mengambil langkah mencekal Giacomo Filibeck, Wakil Sekjen Partai Sosialis Eropa (PES), akibat sikap keras Uni Eropa terhadap program pemberantasan narkotika di negara ini.

Menardo Guevarra, Menteri Kehakiman Filipina mengatakan, Filibeck berada dalam daftar cekal kantor imigrasi Filipina yang tidak dapat memasuki negara ini.

Dilaporkan, Filibeck termasuk anggota tim khusus Uni Eropa yang menolak program pemberantasan narkotika di Filipina yang dicanangkan pemerintah Rodrigo Duterte, dan menyebutnya sebagai pembunuhan di luar proses hukum.

Sekaitan dengan masalah ini, Sergei Stanishev, Sekjen Partai Sosial Eropa mengeluarkan pernyataan mengkritik pengusiran Filibeck dan menyerahkan kasus ini dan penanganannya kepada penanggung jawab Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa.

Negara-negara Barat dan organisasi-organisasi yang berada di bawah dukungannya selalu mengritik program pemerintah Filipina dan menyebutnya pembunuhan oposisi.

Sesuai data resmi dari pemerintah Filipina, sejak awal penerapan program pemberantasan narkotika di negara ini pada pertengahan tahun 2016 hingga kini sekitar 4.000 orang tewas. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.