Rabu, 26 Januari 22

Pramuka dari Berbagai Daerah Gotong Royong Bantu Bencana Lombok

Pramuka dari Berbagai Daerah Gotong Royong Bantu Bencana Lombok
* Tim Pramuka Peduli mendistribusikan bantuan untuk korban gempa di Lombok.

Jakarta, Obsessionnews.com – Rentetan gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) membuat warga ketakutan dan dilanda kecemasan. Jumlah korban juga terus bertambah. Bencana ini tentu menyentuh hati masyarakat Indonesia untuk saling menolong, tak terkecuali Gerakan Pramuka yang sejak awal sudah terlibat dalam penanganan bencana Lombok tersebut.

Sekretaris Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka NTB Usman TS mengatakan, bantuan untuk bencana gempa di Lombok tidak hanya datang dari Gerakan Pramuka di NTB, tapi juga dari berbagai daerah. Pramuka secara sukarela ikut gotong royong menyumbangkan tenaga, pikiran, dan materi, dalam Pramukanan bencana Lombok.

“Ini adalah duka bersama bukan hanya masyarakat Lombok, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia ikut merasakannya. Karena itu Gerakan Pramuka dari berbagai daerah juga ikut andil dalam membantu penanganan bencana ini,” ujar Usman saat dihubungi, Rabu (22/8/2018).

Misalnya Usman menyebut, bantuan datang dari Gerakan Pramuka Jakarta Timur, Pelangkaraya, Balikpapan, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Yogyakarta, Surabaya, Dompu, Sulawesi Tengah, Tanggerang, dan seluruh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka yang ada di Provinsi NTB, serta bantuan langsung dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

“Alhamdulillah Gerakan Pramuka punya komitmen tinggi dalam setiap penanganan bencana baik diminta maupun tidak diminta. Kita juga menyampaikan terima kasih Kwarnas sudah ikut memberikan (bantuan) untuk para korban,” jelasnya.

Bantuan yang diberikan dari Gerakan Pramuka di luar NTB umumnya dalam bentuk uang. Uang yang sudah terkumpul kemudian dibelanjakan untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, mie instan, roti, terigu, minyak, air mineral, baju, terpal, selimut, dam juga obat-obatan. Bantuan Kwarnas Gerakan Pramuka diserahkan langsung oleh Plt Sekjen Kwarnas Abdul Shobur.

“Setelah rombongan Kwarnas yang dipimpin Kak Shobur, kemarin Ketua Kwarda DKI Kak Sylviana Murni juga sudah datang ke Lombok memberikan sejumlah bantun,” jelasnya.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault bersyukur Pramuka tidak pernah lelah membantu masyarakat dalam setiap bencana. Bukan hanya bantuan materi, Pramuka juga terlibat langsung di lapangan bersama TNI, Polri, BNPB, dan para relawan lain untuk ikut mengevakuasi para korban dan terlibat dalam pendistribusian bantuan.

“Tidak dibayar dan tidak minta bayaran, Pramuka ikhlas membantu masyarakat dalam setiap penanganan bencana. Bahkan kita dapat info dari teman-teman di lapangan, adik-adik Pramuka ini siap siaga kerja 24 jam mengingat itensitas gempa yang masih cukup tinggi di Lombok,” jelasnya.

Adhyaksa mengungkapkan, Kwarnas juga sudah menerjunkan Andalan Nasionalnya yakni Eko Sulistio untuk membantu para korban. Selama lebih dari tiga minggu di sana, banyak hal yang sudah dilakukan Eko di antaranya memberikan 50 lebih solar sel. Bantuan ini sangat dibutuhkan para korban mengingat banyak listrik yang padam.

Eko bersama para relawan dari Gerakan Pramuka telah membuka Pos Bantuan Pramuka Peduli di daerah Jalan Raya Tanjung Lombok Utara, depan RSPAD Utara. Pos ini sudah dibangunnya sejak dua minggu lalu, yaitu Senin, 6 Agustus 2018. Pihaknya juga mendistribusikan sejumlah bantuan lainnya seperti terpal, tenda, dan bahan-bahan makanan. Berbagai bantuan itu diperoleh dari swadaya masyarakat yang disampaikan melalui dirinya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.