Sabtu, 28 Mei 22

Pramuka Belajar Penanganan Bencana Melalui Audiovisual

Pramuka Belajar Penanganan Bencana Melalui Audiovisual
* Kegiatan Lingkaran Remaja yang diadakan Kwarnas Gerakan Pramuka bekerja sama dengan UNICEF.

Jakarta, Obsessionnews.com – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar pelatihan fasilitator lingkaran remaja dengan modal CDST (Community Digital Story Telling) bekerja sama dengan UNICEF di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur Jakarta Timur, 13-15 Februari 2018. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari ToT Lingkaran Remaja yang sebelumnya sudah diadakan di tempat yang sama dan bagian dari program U-Report.

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Abdimasgana Ranggawisnu mengatakan, kegiatan ini untuk mempersiapkan remaja atau Pramuka yang tangguh dalam menghadapi penanganan bencana di masyarakat dan adaptasi perubahan iklim. Materi yang didapatkan berupa teori dan praktik.

“Hanya saja, sekarang lebih mengarah kepada bagaimana para remaja ini bisa mempersiapkan diri menjadi remaja yang tangguh dalam penanganan bencana dan adaptasi perubahan iklim,” ujar Rangga, Kamis (15/2/2018).

Selama mengikuti kegiatan, peserta juga diminta membuat gagasan yang diwujudkan dalam bentuk audiovisual. Gagasan tersebut berkaitan dengan pengurangan risiko bencana. Misalnya membuat alat deteksi bencana, baik itu bencana banjir maupun longsor.

“Gagasan pengurangan risiko bencana itu bisa berupa membuat alarm bencana. Jadi sebelum ada bencana alat tersebut sudah bisa mendeteksi. Sehingga masyarakat bisa melakukan antisipasi atau penyelematan diri,” jelasnya.

Audiovisual itu juga bisa berisi cerita kondisi dan situasi masyarakat setempat yang dianggap rawan bencana. Nantinya, lanjut Rangga, mereka bisa mempresentasikan gagasannya kepada pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah atau lembaga-lembaga terkait yakni BNPB, Basarnas, dan juga Tagana. “Jangan sampai ketika ada bencana, Pramuka bingung mau ngapain, dan apa yang harus dilakukan,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti 20 fasilitator yang akan melatih sekitar 150 peserta remaja di berbagai Kwartir Cabang seperti Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Tangerang Selatan dan perwakilan Kwarnas Gerakan Pramuka. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.