Senin, 23 Mei 22

Prajurit TNI Sholat Ied di Belantara Hutan Kongo

Prajurit TNI Sholat Ied di Belantara Hutan Kongo

Kongo, Obsessionnews.com – Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-M/Monusco (Mission de L’Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo) dibawah pimpinan Letkol Czi Sriyanto MIR MA sebagai Komandan Satgas (Dansatgas) yang tengah melaksanakan tugas misi PBB, menggelar Sholat Ied 1437 H di belantara hutan Kongo tepatnya diBase Camp Kontingen Indo Eng Coy, Bumi Nusantara, Haut-Uele District, kota Dungu, Republik Demokratik Kongo, Rabu(6/7/2016).

Gema takbir Allahu Akbar…..Allahu Akbar…..Allahu Akbar…..La illaha Illallahu Allahu Akbar…..Allahu Akbar Walilla Hilham, yang dilantunkan oleh Prajurit TNI Konga XX-M/Monusco berkumandang dengan indah di Bumi Nusantara Camp, Markas Satgas Kizi TNI di Kongo.

Perayaan Idul Fitri 1437 H di Kongo kali ini terdapat sedikit perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan tiga kontingen negara muslim di Republik Demokratik Kongo dan juga masyarakat Kongo atas gagasan Dansatgas Kizi TNI Letkol Czi Sriyanto sepakat melaksanakan Shalat Ied secara bersama-sama di Bumi Nusantara Camp.

Dalam Sholat Ied 1437 H/2016 M, turut pula para Prajurit dari kontingen negara lain seperti Bangladesh, Maroko dan juga masyarakat Kongo yang terdiri dari 100 anak yatim piatu serta nampak juga para Military Observer (Milobs) dari berbagai negara, seperti Indonesia, Malaysia, Mesir, Tunisia, Afrika Selatan, Sudan, dan Nigeria yang berbaur menjadi satu dalam semangat merayakan hari kemenangan.

Setelah pelaksanaan Sholat Ied dan bersalam-salaman, para jamaah beserta beberapa tamu undangan dijamu di dalam Rub Hall Bumi Nusantara Camp yang telah disulap menjadi ruang makan yang cukup representative dengan hidangan khas Nusantara serta diiringi alunan musik bernuansa Islami dari Indonesia, Maroko dan Bangladesh.

Di sela-sela acara, Kontingen Garuda melalui Dansatgas Kizi TNI Konga XX-M/Monusco Letkol Czi Sriyanto menyerahkan bantuan dana untuk pembangunan Masjid Dungu kepada Imam Masjid Dungu Mr. Rajab.

Dansatgas Konga XX-M/Monusco Letkol Czi Sriyanto mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas kerjasamanya kepada Prajurit TNI dan kontingen negara lain yang telah mendukung rangkaian perayaan Idul Fitri 1437 H tahun ini, sehingga berjalan seperti yang diharapkan.

sempu

Prajurit TNI Idul Fitri di Lebanon
Ada yang menarik dalam  perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Kontingen Garuda yang berada di wilayah Sektor Timur Lebanon  kali ini. Para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas POM TNI Konga XXV-H/Unifil dan Kompi B Satgas Indobatt Konga XXIII-J/Unifil, merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 H di  Markas Satgas POM TNI “Gajah Mada Base” UNP 7-3, Blate, Lebanon, Rabu (6/7/2016).

Perayaan Hari Raya diawali dengan Shalat Ied berjamaah dengan Khatib Serda Ardiwan dan Imam Sertu Rahmad, diikuti pula oleh beberapa personel PBB beragama Islam yang berasal dari India, Nepal dan Spanyol, kemudian diakhiri dengan makan ketupat bersama.

Merasa seakan berada di Indonesia karena dilengkapi dengan hadirnya suguhan “Ketupat Beras dan Ketupat Ketan”  lengkap dengan “Opor dan Rendang”. Bukan sembarang Ketupat atau Rendang, seluruh bahan secara khusus didatangkan dari Indonesia oleh personel yang kembali dari cuti, termasuk daun kelapa muda sebagai pembungkus Ketupat.

Perayaan  Idul Fitri tersebut, bertambah spesial karena dihadiri oleh Komandan Sektor Timur Unifil Brigjen Alfredo Perez De Aguado Martinez beserta staf dan para Komandan Batalyon dari negara lain yang berada di wilayah Sektor Timur Unifil.

Dalam sambutannya, Dansatgas POM TNI Letkol Cpm Zulkarnain, mengutip pesan dari Komandan Kontingen Garuda Kolonel Kav Jala Argananto, agar seluruh personel Kontingen Garuda tetap selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena tetap dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama-sama dengan seluruh prajurit yang berasal dari Indonesia walaupun tidak bersama keluarga di Indonesia.

Komandan Sektor Timur Unifil Brigjen Alfredo Perez De Aguado Martinez juga memberikan sambutan dan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri serta memberikan apresiasi terhadap prajurit Kontingen Garuda yang beragama muslim karena tetap semangat dan tetap professional dalam mengemban tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian di perbatasan Lebanon-Israel. (Red)

TNI di leb

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.