Kamis, 25 April 24

Prabowo Widyakrisnadi Dinobatkan Sebagai ‘Best CEO Private Sector 2017’

Prabowo Widyakrisnadi Dinobatkan Sebagai ‘Best CEO Private Sector 2017’
* Presiden Direktur PT Ace Hardware Indonesia Prabowo Widyakrisnadi.

Menakhodai PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACE) sejak 1995 silam, Prabowo Widyakrisnadi, Sang Presiden Direktur terus membawa emiten bersandi saham ACES ini meraih kinerja positif. Betapa tidak? Pada 9M 2016, ACE mencatatkan laba bersih sebesar Rp470,1 miliar atau Rp27,90 per saham. 

Angka tersebut meningkat sebesar 20,5% dari Laba bersih pada periode yang sama tahun 2015 yakni Rp389,5 miliar atau Rp23,02 per saham.

Pencapaian tersebut terutama didukung oleh Penjualan ACE yang meningkat sebesar 2,70% menjadi Rp3,55 triliun dari penjualan 9M 2015 yakni  Rp3,46 triliun. Hingga akhir September 2016, Aset ACE menyentuh Rp3,50 triliun, tumbuh 7,03% dari aset tahun 2015 yakni Rp3,27 triliun, dan modal ACE meningkat dari Rp2,6 triliun tahun 2015 menjadi Rp2,8 triliun pada 30 September 2016.

Berkat tangan dingin Prabowo, ACE sebagai pusat perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup terbesar dan terlengkap di Indonesia ini terus melebarkan sayapnya.  Sepanjang tahun 2016 perusahaan yang dibidani oleh grup Kawan Lama Sejahtera pada 1995 ini berhasil melampaui target pembukaan gerai yakni 13 gerai baru pada 2016. Saat ini, total gerai yang dimiliki ACE sebanyak 131.

Perseroan optimis pembukaan belasan gerai baru akan meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang. Kondisi perekonomian yang membaik pada 2017 berpotensi menyokong pertumbuhan penjualan bersih perseroan. Apalagi kalangan middle class juga makin meningkat.

ACE bertahan untuk membagikan dividen final pada 2017 minimal 20%. Pada tahun 2016, dividen pay-out ratio sekitar 45% dari laba bersih 2015 atau sebesar Rp15,4 per saham.

Analis Erdikha Sekuritas Adrian M. Priyatna menuliskan dalam riset belum lama ini, proyeksi penjualan ACE akan mencapai Rp4,95 triliun atau tumbuh 9,04% dari posisi Rp4,54 triliun.

Berdasarkan konsensus Bloomberg, proyeksi pendapatan ACE pada 2016, 2017 dan 2018 masing-masing mencapai Rp5,09 triliun, Rp5,6 triliun dan Rp6,2 triliun masing-masing tumbuh 7,37%, 10,03% dan 12,08% secara tahunan.

Sementara proyeksi pertumbuhan laba bersih ACE pada 2016, 2017 dan 2018 masing-masing mencapai 3,03%, 11,38%, 10,92% year on year atau menjadi Rp606,14 miliar, Rp675,09 miliar dan Rp748,8 miliar.

Tahun ini, ACE menargetkan penambahan 10 unit gerai baru dengan luas bervariasi. ACE juga akan menambah beberapa gerai di berapa kota besar di Indonesia seperti Balikpapan, Pekanbaru,
dan Bandung.

Prabowo menandaskan, kunci sukses ACE sebagai The Helpful Place juga tak lepas dari loyalitas dan kepuasan pelanggan.
“If we don’t take care of our customers, someone else will”. Quote dari Edgar Mitchell ini diamini oleh ACE. ACE menyadari pelanggan memiliki peranan penting bagi perusahaan. Selama lebih dari 20 tahun hadir di Indonesia, ACE menyadari pelanggan merupakan salah satu faktor terbesar yang mendukung perusahaan tetap tumbuh dan berkembang. Untuk itu, kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama bagi ACE.

ACE menyediakan lebih dari 80.000 jenis produk sebagai solusi terhadap keperluan rumah tangga dan gaya hidup. Tak hanya menawarkan rangkaian produk yang cukup variatif tapi ACE juga menawarkan kualitas produk yang lebih baik dari para kompetitornya.

Layanan yang prima dan produk yang berkualitas merupakan kombinasi sempurna untuk meraih kepuasan pelanggan. Untuk meningkatkan Service Quality, ACE melaksanakan berbagai program di antaranya: training terkait product knowledge & services, certification untuk personal maupun store, dan control melalui mistery shoppers maupun survey kepuasan pelanggan yg rutin dilakukan.

Sepanjang 2016, ACE telah banyak melakukan kegiatan baik secara promosi, brand activations maupun CSR yang melibatkan para pelanggan. Misalnya Members Gathering ACE, CSR Donor Darah dan Trees for Tomorrow, serta Launching Mobile Apps.

ACE Mobile Apps adalah aplikasi yang dibuat untuk menjadi pendamping yang bermanfaat bagi pelanggan dan bisa menggantikan kartu fisik member ACE Rewards karena dapat terkoneksi sehingga fasilitas membership dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat, seperti melihat point rewards yang dimiliki, cek hadiah khusus member, update untuk mengetahui promo dan tawaran spesial bagi member serta promo ekslusif di merchant yang bekerjasama dengan ACE langsung dari gadget yang digunakan. Selain itu, fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan yaitu Product Highlight yang menampilkan produk-produk promo yang sedang berlangsung, Special Offer yang menapilkan detil penjelasan promo yang sedang berlangsung. Scan Barcode Promo yaitu sarana interaktif pelanggan untuk mendapatkan informasi lebih mengenai deskripsi, video dan infografik produk, Idea yang memberikan inspirasi untuk pelanggan berupa saran dan penggunaan produk. Store Location untuk mengetahui jarak lokasi dengan toko ACE, dan ACE Care  yaitu halaman degan fasilitas customer care ACE, pelanggan bisa bertanya taupun menyampaikan saran melalui email, telepon maupun online chatting.
Walaupun telah memiliki toko ACE terbesar di dunia seluas 15.000m2 di Living World Alam Sutera Tangerang, kegiatan ekspansi tahun ini juga tetap dilakukan ACE agar semakin mendekat dengan para pelanggannya, yakni dengan membuka beberapa toko di wilayah sekitar perumahan warga serta pusat pembelanjaan seperti di Majapahit dan Siliwangi Semarang, Hartono Mall di Yogya, Plaza Pondok Gede, Ciledug dan PIK Mal di Jakarta, serta Suzuya Mall di Aceh.

Upaya yg dilakukan ACE membuahkan hasil yg sangat baik. Hal ini terbukti dari prestasi ACE mendapatkan recognition dari berbagai pihak yg independen melalui berbagai Awards yg diterima, antara lain Service Quality Award, Indonesia Most Admired Company,  Consumer Choice Award dan berbagai penghargaan lainnya.

Sebagai retail yang mengusung slogan The Helpful Place, ACE menghadirkan beragam added values untuk pelanggannya, meliputi  delivery service, installation service, best price guarantee yakni ACE akan mengganti selisih harga jika ada produk yang sama namun lebih murah harganya di tempat lain dalam periode penjualan yang sama, serta 100% satisfaction guarantee yaitu layanan pengembalian produk jika pelanggan berubah pikiran terhadap produk yang dibeli selama 14 hari.

Khusus untuk member ACE Rewards, keuntungan tambahan yang diberikan adalah member privilege dimana member bisa mendapatkan point rewards setiap pembelanjaan minimal Rp.100 ribu yang bisa ditukar dengan voucher belanja dan merchandise menarik, penawaran khusus di merchant yang bekerjasama dengan ACE, harga khusus Member, informasi terkait promo dan event,  dan Pay With Point yaitu program dimana point rewards yang dimiliki oleh Member dapat digunakan untuk bertransaksi.

Ke depannya,  service-service untuk meningkatkan kepuasan pelanggan akan tetap  menjadi sebuah pilar utama dalam perjalanan bisnis sehingga ACE tetap menjadi The Helpful Place bagi para pelanggannya.

Prabowo bersama empat tokoh lainnya dinobatkan sebagai “Best CEO Private Sector” dalam ajang Obsession Awards 2017 yang digelar di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (30/3). (Giattri F.P)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.