Rabu, 1 Desember 21

Prabowo Hargai Itikad Pemerintah Proses Penyelidikan Ahok

Prabowo Hargai Itikad Pemerintah Proses Penyelidikan Ahok
* Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Twitter @prabowo).

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambut baik itikad pemerintah yang berjanji memproses penyelidikan kasus Ahok akan selesai dalam dua minggu ke depan terhitung sejak Jumat (4/11/2016).

Kita sudah mendengar dari pemerintah bahwa proses hukum akan tegas dan cepat. Kita harus menghargai itikad baik pemerintah tersebut,” kicau Prabowo di akun Twitternya, @prabowo, Sabtu (5/11).

Ahok, sapaan akrab Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, yang beragama non Islam membuat marah umat Islam karena diduga menghina Islam dan Al-Quran. Lebih dari sejuta orang turun ke jalanan menuntut polisi menangkap Ahok di Jakarta, Jumat (4/11). Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut aksi bela Islam ini terbesar dalam sejarah Indonesia pasca reformasi.

Aksi bela Islam menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ditangkap karena diduga menghina agama Islam di Jakarta, Jumat (4/11/2016). (Foto: Arif RH/Obsessionnews.com).
Aksi bela Islam menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ditangkap karena diduga menghina agama Islam di Jakarta, Jumat (4/11/2016). (Foto: Arif RH/Obsessionnews.com).

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menjanjikan proses penyelidikan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok akan selesai dalam dua minggu ke depan. Hal itu ditegaskan JK usai menggelar pertemuan dengan perwakilan peserta unjuk rasa di kantor Wapres, Jakarta, Jumat (4/11).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Kalla ditemani sejumlah menteri, di antaranya Menkopolhukkam Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin, Kapolri Jenderal Tito Karnavian serta Mensesneg Pratikno.

Dalam keterangan pers yang berjalan singkat, JK ditemani empat orang perwakilan pengunjuk rasa.

“Kesimpulannya ialah dalam soal Ahok, kita akan tegakkan hukum yang tegas dan cepat,” kata JKa.

Kalla melanjutkan,”Dan oleh Kapolri dijanjikan selesai dalam dua minggu, pelaksanaan hukum yang cepat itu, sehingga sesuai aturan dan tegas.”

Untukmu Agmamu, Untukku Agamaku

Al Quran surat Al Kafirun ayat 6 berbunyi: Lakum Diinukum wa Liya Diin. Artinya, untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku.

untitled1-640x377
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di sebuah acara di Kepulauan Seribu, Selasa, 27 September 2016.

Surat Al Kafirun ayat 6 itu dapat ditafsirkan seseorang tidak perlu ikut campur agama yang dianut orang lain. Jika ikut campur, maka akan terjadi konflik. Masalah agama memang masalah yang sensitif.

Ahok tidak menyadari betapa pekanya mencampuri urusan agama lain. Ahok yang beragama Kristen Protestan membuat umat Islam marah ketika ia menyinggung soal Al Quran surat Al Maidah ayat 51 di sebuah acara di Kepulauan Seribu, Selasa, 27 September 2016. Ketika itu calon gubernur DKI pada Pilkada 2017 itu antara lain menyatakan, “… Jadi jangan percaya sama orang, kan bisa aja dalam hati kecil bapak ibu nggak bisa pilih saya, ya kan. Dibohongin pakai surat al Maidah 51, macem-macem itu. Itu hak bapak ibu, jadi bapak ibu perasaan nggak bisa pilih nih karena saya takut masuk neraka, dibodohin gitu ya..”

https://www.youtube.com/watch?v=MchL1Lip2q8

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam pernyataan sikapnya yang diteken Ketua Umum Ma’ruf Amin dan Sekretaris Jenderal Anwar Abbas pada Selasa (11/10), menyebut perkataan Ahok dikategorikan menghina Al-Quran dan menghina ulama yang berkonsekuensi hukum.

Sehari sebelumnya Ahok meminta maaf kepada umat Islam. “Saya sampaikan kepada semua umat Islam atau kepada yang merasa tersinggung, saya sampaikan mohon maaf. Tidak ada maksud saya melecehkan agama Islam atau apa,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Senin (10/10). (@arif_rhakim)

Baca Juga:

Status Tersangka Akan Lindungi Ahok dari Hukum Jalanan

Jadi Tersangka, Ahok Tidak Punya Kartu As Jokowi

Ahok Cengar-Cengir Nonton Demo di TV

Ini Kasus-kasus Penistaan Agama Islam di Indonesia

Tangkap Ahok Si Penista Agama Islam

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.