Minggu, 23 Januari 22

PPP: Hak Politik Suryadharma Ali Dicabut, Tandanya Kiamat

PPP: Hak Politik Suryadharma Ali Dicabut, Tandanya Kiamat

‎Jakarta, Obsessionnews – Ketua Fraksi PPP DPR RI Reni Marlinawati meminta pihak mantan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali untuk memperjuangkan hak politiknya sehingga tidak dicabut dalam putusan banding di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Menurut Reni, memperjuangkan hak politik penting bagi keberlangsungan karier Suryadharma Ali sebagai politisi PPP. Sebab, jika tidak dicabut, maka Suryadharma tidak bisa dipilih dalam jabatan publik.

“Sekarang ketika dicabut hak politiknya, bagi politisi itu namanya kiamat,” kata Reni saat dihubungi, Jumat (3/6/2016).

Reni menyebut, hukuman terhadap Suryadharma sudah berat, dengan pidana penjara 10 tahun, membayar kerugian negara dan pidana denda. Untuk itu, pencabutan hak politik Suryadharma mestinya tidak perlu diberlakukan.

“Mestinya itu tidak perlu, karena hukuman sekarang sudah sangat berat,” katanya.

Ia mengklaim pada masa kepemimpinan Suryadharma, pengelolaan haji di Kementerian Agama sudah semakin membaik dibanding tahun sebelumnya. Ia heran mengapa hukuman berat justru dijatuhkan kepadanya.

Sewaktu menjabat sebagai Menteri Agama, Suryadharma disebut telah melakukan korupsi penyelewengan dana haji. Ia kemudian divonis oleh Pengadilan Tipikor 6 tahun penjara.

Suryadharma kemudian mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI. Namun, hakim menolak dan memperberat hukuman Suryadharma menjadi 10 tahun penjara. Selain itu hak politik Suryadharma juga dicabut. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.