Kamis, 25 April 24

PPATK Minta Pejabat Mundur yang Simpan Uang di LN

PPATK Minta Pejabat Mundur yang Simpan Uang di LN

Jakarta, Obsessionnews – Sepekan lalu, Indonesia dihebohkan dengan pemberitaan luar negeri soal skandal keuangan dunia, yang bocornya dokumen milik asal Panama ‘Panama Papers’, yang menyebutkan 899 orang dan perusahaan di Indonesia memiliki perusahaan cangkang di beberapa kawasan surga pajak.

Menanggapi itu, Wakil Kepala  Pusat Pelaporan dan Analisis. Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso menyatakan, seharusnya para petinggi tersebut mengundurkan diri, karena ini menyangkut jiwa nasionalisme sebagai bangsa.

“Kalau petinggi negara sih, menurut saya , secara etika seharusnya mengundurkan dirilah, kalau memang punya, kalau tidak menujukkan nasionalisme,” ujar Agus Santoso seusai diskusi Bedah Kasus Aset Indonesia di Negeri Suaka Pajak, Selasa (12/4/2016) di Kedai Pos, Kota Tua, Jakarta Barat.

Agus Santoso -

“Kalau penjabat punya perusahaan di luar negeri, menyimpan uang di luar negeri, itu tidak menunjukkan nasionalismenya.

Dalam dokumen panama papers juga menyebutkan, dari jumlah 899 itu, 803 berupa nama pemegang saham, 10 perusahaan, 28 perusahaan yang diciptakan, dan 58 nama pihak terkait.

Ini sepuluh kawasan surga pajak teraman yakni Swiss; Hong Kong; Amerika Serikat; Singapura; Caymand Islands; Luxembourg; Lebanon; Jerman; Bahrain; dan Uni Emirat Arab. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.