Jumat, 7 Oktober 22

PPATK Duga Teror Bom Sarinah Didanai Dari Timur Tengah

PPATK Duga Teror Bom Sarinah Didanai Dari Timur Tengah

Jakarta, Obsessionnews – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkapkan ada aliran dana cukup besar yang mengalir dari Timur Tengah ke Indonesia. Dana tersebut diduga untuk membiayai aksi teror di tanah air seperti yang terjadi di kawasan Gedung Sarinah, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).

“Kami lihat, sepanjang 2015 ini ada dana yang masuk ke Indonesia dari Middle East area dengan jumlah yang cukup besar, miliaran. Kami menduga dana tersebut digunakan untuk aksi teror,” ujar Wakil Ketua PPATK, Agus Santoso, Jumat (15/1).

Peneluruan ini dilakukan setelah ada permintaan dari Tim Densus 88 Anti Teror. PPATK kemudian menelusuri aliran dana tersebut dari pertama masuk ke Indonesia, sampai ke mana aliran dana itu diterima oleh pelaku teror‎ yang ada di Sarinah.

Namun demikian, Agus tidak bisa mengungkap berapa pastinya uang dari Timur Tengah itu mengalir. Menurutnya, informasi itu menyangkut rahasia negara, untuk membantu polisi melakukan proses penyelidikan.

“Intinya PPATK ingin selalu membantu Densus 88 untuk bisa mengungkap kasus terorisme di Indonesia,” tuturnya.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengungkapkan, ada aliran dana dari Bachrum Naim kepada jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah di Indonesia pada 2015 lalu. Naim adalah mantan narapidana pelaku terorisme yang ditangkap di Solo tahun 2010.

Ia kemudian divonis dua tahun enam bulan penjara. Setelah menyelesaikan masa hukuman, Naim kabur ke Suriah dan bergabung dengan ISIS. Ia kemudian menjadi koordinator untuk kelompok ISIS di Indonesia, termasuk yang membiayai aksi teror di Sarinah Thamrin. (Albar)
Baca juga:

Bom Meledak di Depan Sarinah

Jokowi Perintahkan Kapolri Kejar Pelaku Bom Jakarta

Jokowi Kecam Bom Jakarta

Menko Polhukam: Pasca Teror Bom, Jakarta Telah Aman

Pasca Teror Bom Sarinah, Kedubes-kedubes di Jakarta Biasa Saja

ISIS Klaim Tanggung Jawab Atas Teror Jakarta

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.