Jumat, 7 Oktober 22

Potong Satu Generasi Jenderal Polri Bukan Solusi Tepat

Potong Satu Generasi Jenderal Polri Bukan Solusi Tepat

Banda Aceh – Potong satu generasi jenderal bintang tiga Polri bukanlah solusi yang tepat. Untuk membenahi institusi Polri dalam mengusulkan calon Kapolri perlu dilakukan dua hal, yaitu Polri harus tunduk kepada aturan yang berlaku, dan pembenahan internal di dalam tubuh Polri itu sendiri. Demikian dikatakan pengamat politik dari Aceh, Aryos Nivada, kepada obsessionnews.com di Banda Aceh, Kamis (29/1).

Aryos Nivada
Aryos Nivada

Lulusan Magister Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menilai institusi Polri tak solid saat mengajukan Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri, yang diduga memiliki rekening gendut dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Seharusnya yang menjadi indikator pengusulan calon Kapolri adalah profesionalisme, humanisme, loyalitas, dan dapat diterima publik,” ujarnya.

Aryos menegaskan, pemotongan satu generasi jenderal bintang tiga bukan suatu solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan di internal Polri. “Solusi yang terbaik adalah mengembalikan kewenangan kepada Polri untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri dan berani terbuka kepada publik dalam hal apapun, termasuk hal audit,” katanya. (Agung Sanjaya)

Related posts