Jumat, 19 April 24

Potensi Laut Wilayah Sumbar Besar Tak Terkelola Maksimal

Potensi Laut Wilayah Sumbar Besar Tak Terkelola Maksimal
* Seminar nasional peluang dan potensi kemaritiman dikawasan samudera hindia, di Padang, Senin (5/12/2016) siang.

Padang, Obsessionnews.com – Meski berada di pesisir pantai, hingga kini potensi kelautan Sumatera Barat (Sumbar) belum bisa dimanfaatkan secara baik, padahal kandungannya cukup menjanjikan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, kendala yang dihadapi sehingga potensi yang tersedia tidak bisa digarap secara maksimal, karena keterbatasan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki

“Kita memiliki tujuh kabupaten/kota yang berada di pesisir pantai, namun belum bisa memanfaatkan potensi tersebut,” katanya usai membuka kegiatan seminar nasional peluang dan potensi kemaritiman dikawasan samudera hindia, di Padang, Senin (5/12/2016) siang.

Irwan menjelaskan, potensi laut Sumbar ini sangat besar, namun keterbatasan infrastruktur dan SDM menjadi kendala sehingga potensi tersebut belum dapat termanfaatkan dengan baik.

“Kita jelas dari segi infrastruktur masih banyak kekurangan, baik itu insfrastruktur dari kapal yang masih belum memadai dengan teknologi yang belum mumpuni serta pelabuhan yang ada,” ujarnya.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, selain minim infrastruktur, Sumbar juga kekurangan SDM. Oleh karena itu, Pemprov Sumbar tetap berupaya memberikan pelatihan kepada nelayan, tetapi dengan cara bertahap.

Gubernur menyebutkan, saat ini Sumbar tengah membuka peluang bagi investor untuk mengarap budidaya kelautan, seperti budidaya mutiara laut, ikan tangkap dan ikan garapu.

Disamping itu, potensi kelautan juga dapat dimanfaatkan untuk wisata bahari dalam mendatangkan pengunjung di Sumbar, seperti wisata snorkling maupun diving.

“Jadi potensi laut ini sangat besar untuk dikembangkan, sehingga kabupaten/kota di Sumbar mesti memanfaatkan potensi yang ada dilaut ini,” ujarnya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.