Kamis, 25 April 24

Polri Tidak Akan Umumkan Identitas Capim KPK Tersangka

Polri Tidak Akan Umumkan Identitas Capim KPK Tersangka

Jakarta, Obsessionnews – Mabes Polri memastikan tidak akan mengumumkan identitas Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditetapkan sebagai tersangka kepada publik. Pasalnya, proses seleksi Capim KPK sedang berlangsung.‬

‪”Saya sampaikan bahwa kita hanya memberikan hasil penelusuran track record kepada Pansel. Tidak perlu saya sampaikan ke media, kan masih menunggu proses di Pansel,” ujar Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinasi Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta Pusat, Senin (31/8/2015).‬

‪Badrodin mengatakan, Polri sejauh ini hanya menjalankan tugas sesuai dengan permintaan untuk menelusuri rekam jejak calon pimpinan KPK. Sementara, mengenai apakah hasil penelusuran itu digunakan oleh Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, menurut Badrodin, hal tersebut diserahkan pada Pansel KPK.‬

Sebelumnya, Penetapan tersangka Capim KPK sampai sekarang masih simpang siur. Pasalnya, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri tidak pernah mengumumkan dan menyidik kasus tersangka Capim KPK itu.

“Jadi ini harus diluruskan, mengumumkan tersangka itu enggak boleh, melanggar hukum, equality before the law. Jadi sampai kapan pun, enggak akan pernah saya mengumumkan nama tersangka,” ujar  Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Victor Edi Simanjuntak di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (31/8/2015).

Akan tetapi, Dia tidak mempermasalahkan bila penindakan yang dilakukan pihak penyidik diliput oleh awak media. Namun, dirinya mempermasalahkan bila harus mengumumkan nama tersangka ke publik.

“Tapi ketika melakukan penindakan, itu diliput oleh wartawan, enggak ada masalah. Tapi kalau mengumumkan tersangka,” jelas Victor.

Victor mengaku, bahwa pihaknya tidak pernah menyidik kasus yang menjerat seorang capim KPK tersebut.”Saya tidak pernah menyidik kasus capim KPK, enggak pernah. Jadi jangan pernah dicampuradukkan profesional Polri dengan pemberitaan-pemberitaan,” pungkas Victor. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.