Kamis, 18 April 24

Polri Tangkap Dua Teroris Jaringan Santoso

Polri Tangkap Dua Teroris Jaringan Santoso
* Brigjen Pol Agus Rianto

Jakarta, Obsessionnews Lagi-lagi Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap dua orang tersangka yang diduga teroris jaringan kelompok Santoso di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (12/4).

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Agus Rianto di Jakartra, Senin (13/4/2015).

“Betul ada penangkapan itu,” ujarnya kepada wartawan.

HER alias DVD dan BUS alias AT diduga terlibat dalam serangkaian aksi teror di wilayah Poso, Sulawesi Tengah dan Bima NTB.

Dari informasi yang dihimpun, kata Agus, HER ditangkap Densus di Desa Raba, Dusun Parawanga, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Sementara BUS diringkus di Bima Kota.

Keduanya diduga merupakan jaringan kelompok radikal Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso. Dugaan keterlibatan HER yakni terlibat kasus bom di Pos Lantas Smaker 2013, mengikuti tadrib atau pelatihan militer bersama kelompok Santoso, terlibat bom pos pengamanan Natal di depan Pasar Poso serta berperan dalam pembuatan bom di Kalora, Poso.

Sementara dugaan keterlibatan BUS yakni mengikuti tadrib atau pelatihan militer bersama jaringan Santoso di Poso dan terlibat dalam pembunuhan dua anggota Polres Poso yakni Brigadir Andi Sapa dan Aiptu Sudirman di Tamanjeka, Poso.Tim Densus hingga saat ini masih memeriksa keduanya.

“Mengenaiketerlibatan mereka, masih terus didalami,” pungkas Agus. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.