Rabu, 1 Desember 21

Polri Sebut Bentrokan Demo Dipicu Orasi yang Memprovokasi

Polri Sebut Bentrokan Demo Dipicu Orasi yang Memprovokasi
* Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar.

Jakarta, Obsessionnews.com – Aksi unjuk rasa massa ormas Islam atas penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang bermula damai dan aman ternyata bentro di malam hari.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, bentrokan itu, dikarenakan ada orasi-orasi yang dapat memprovokasi massa aksi tersebut.

“Jadi orasi-orasi ini yang membakar semangat para pengunjuk rasa destruktif. Ini dipengaruhi orasi-orasi,” ujar Boy di Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Demo sebenarnya berlangsung tertib hingga sore tadi. Massa yang berunjuk rasa berorasi secara damai. Bahkan mereka tidak meninggalkan sampah karena membawa kantong-kantong sampah. Kemudian sebagaian besar massa membubarkan diri.

Selain itu, tiga perwakilan demonstran sudah ditemui oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hasilnya yang didapat massa dari Jusuf Kalla, polisi menjanjikan waktu dua minggu dalam mengusut kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

Bentrok mulai terjadi selepas magrib. Massa mendesak agar ditemui oleh Presiden Jokowi Widodo. Polisi kemudian menembakkan gas air mata lalu dibalas dengan lemparan batu oleh massa. Selain itu, dua unit mobil juga terbakar dalam bentrok tersebut. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.