Sabtu, 20 April 24

Polres Subang Tertibkan Knalpot Bising

Polres Subang Tertibkan Knalpot Bising

Subang – Untuk menciptakan kenyamanan lingkungan dan berlalu-lintas dari polusi suara berupa knalpot bising, Polres Subang, Jawa Barat,  bersama polsek-polsek  gencar menertibkan  motor-motor yang berknalpot bising. Secara khusus  setiap malam Minggu petugas gabungan dari Polres  bersama instansi terkait menggelar razia kendaraan ke setiap SMP, SMA, dan SMK, serta di jalan raya. Satu-persatu sepeda motor milik pelajar diperiksa petugas. Sepeda motor  yang  menggunakan knalpot bising langsung ditilang dan  diwajibkan mengganti knalpot bisingnya dengan knalpot original di tempat.

Menurut Kepala Satuan Lalu-Lintas AKP S. Ridwan, sebagaimana disampaikan Kaur Binops Iptu Oyong melalui Baur Tilang Aiptu Asmid Supardi, tindakan tilang dilakukan untuk membuat efek jera. “Tindakan ini dilakukan berdasarkan informasi masyarakat yang mengeluhkan keberadaan knalpot bising,” ujarnya kepada wartawan di Mapolres Subang, Selasa (20/1/2015).

Dalam operasi yang berlangsung selama sebulan Polres  Subang berhasil menjaring puluhan knalpot bising yang kemudian dijadikan barang bukti. Selanjutnya akan dimusnahkan. Menurut data kepolisian sebagian besar sepeda motor yang melanggar didominasi oleh kalangan anak muda dan remaja.

Pihak Polres berharap para pengendara kendaraam bisa mematuhi aturan. Salah satunya menggunakan knalpot standar. “Sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan dalam berlalu-lintas,” katanya.

Meski demikian, lanjutnya, kesadaran masyarakat Subang secara umum dalam berlalu lintas mulai baik jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. (Teddy Widara)

Related posts