Minggu, 28 November 21

Politisi NasDem Desak Menaker Revitalisasi BLK

Politisi NasDem Desak Menaker Revitalisasi BLK

Jakarta, Obsessionnews – Anggota Komisi IX DPR RI, Amelia Anggraini meminta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) untuk mengoptimalkan keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK). Pasalnya, BLK yang ada di tiap-tiap kabupaten, keberadaannya ‘mati suri’.

“Hasil kunjungan saya ke daerah-daerah, kondisi BLK sangat memprihatinkan karena minimnya aktivitas dan program kepelatihan,” ujar Amelia setelah rapat kerja Komisi IX DPR RI dan Menaker di Gedung DPR RI, Senayan, Senin (13/4/2015).

Amelia mengemukakan, keberadaan BLK daerah cukup vital dalam pembangunan dan pengembangan ketrampilan sumber daya manusia. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika BLK ini tidak dikelola dengan baik dan benar.

Ditegaskan Amelia, salah satu sasaran pemerintahan Jokowi-JK adalah membuka 10 juta kesempatan kerja. Karena itu, perlu terobosan Menaker untuk revitalisasi BLK melalui penguatan BLK di daerah-daerah.

Langkah yang bisa ditempuh untuk melakukan revitalisasi BLK, kata Amelia, diantaranya melalui kerja sama kemitraan dengan industri baik dalam negeri maupun luar negeri yang membutuhkan pekerja/buruh dalam rangka memperluas kesempatan kerja.

Seiring pelaksanaan MEA, lanjutnya, kebutuhan tenaga kerja berdasarkan pemintaan pasar kerja industri masih sangat banyak. Karenanya, harus dipersiapkan calon tenaga kerja yang siap bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara Asean lainnya.

“Angkatan kerja berlatar pendidikan formal tinggi atau setidaknya SMA berpeluang sama dengan lulusan SD atau SMP yang dibekali kompetensi untuk memasuki dunia kerja. Yang penting, dalam era MEA ini adalah kualtias SDM yang baik,” tegas politisi NasDem ini.

Hal itu, kata mantan putri Citra 1987 tingkat Nasional, kebijakan tersebut diambil agar dapat memenuhi 2 juta kesempatan kerja untuk tahun 2015, serta 10 juta kesempatan kerja hingga tahun 2019 nanti. (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.