Minggu, 26 Juni 22

Politisi Golkar: Seorang Caleg Minimal Harus Punya Rp1 Miliar

Politisi Golkar:  Seorang Caleg Minimal Harus Punya Rp1 Miliar

Bambang Soesatyo (ist)

 
Imar
Jakarta-Wakil Bendahara Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengungkapkan  politisi yang hendak mencalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) harus punya modal minimal Rp 1 miliar. Hal ini karena sistem politik seperti yang terjadi saat ini, biaya yang harus dikeluarkan untuk ongkos politik tidaklah murah.

“Dalam sistem demokrasi pemilihan langsung, para politisi yang tidak punya modal apa-apa apalagi uang, tidak akan mungkin bisa terpilih. Para caleg, minimal harus mengeluarkan uang agar bisa terpilih,”kata Bambang saat dihubungi wartawan, Selasa (23/4/2013).

Bambang mengatakan, persaingan yang ketat baik internal maupun eksternal di dalam politik demokrasi mengharuskan para politisi merogoh kocek dalam agar bisa menarik simpati masyarakat dalam pemilu 2014.

“Persaingan internal maupun eksternal partai serta masa kampanye yang jauh lebih panjang (1 tahun), dibandingkan pemilu 2009 yang hanya beberapa bulan, mau tidak mau akan memaksa para caleg merogoh kocek lebih dalam lagi,” jelasnya.

Menurutnya dalam sistem demokrasi pemilihan langsung, jujur harus dikatakan tidak ada caleg bisa terpilih dengan hanya modal dengkul. Paling tidak selain modal ekonomi sesuai kemampuan masing-masing. Untuk kebutuhan alat peraga dan operasional tim sukses juga dibutuhkan sekurang-kurangnya modal sosial dan modal politik.

“Kerja-kerja poltik dan kampanye sangat diuntungkan jika caleg sudah terkenal atau memiliki nama. Seperti artis, kyai, tokoh masyarakat dan lain-lain,”tandasnya.

Oleh sebab itu, kata Bambang, para caleg minimal harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 1miliar jika ingin maju bersaing dalam pemilu 2014.

“Menurut saya, untuk pemilihan langsung seperti sekarang ini. Kalau caleg tersebut benar-benar serius, dibutuhkan paling sedikit Rp 1 miliar. Kecuali kalau hanya iseng-iseng berhadiah,”jelasnya. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.