Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Pilih Jokowi Pilih Orang Baik

Pilih Jokowi Pilih Orang Baik
* Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan anak-anak Indonesia bermain  engklek, gobag sodor, egrang dan kuda lumping di Istana Merdeka, Jakarta, 4 Mei 2018. (Foto: dok. Jokowi/Facebook)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menyimak perjalanan karier Joko Widodo (Jokowi) di pentas politik sungguh menarik. Berawal menjadi Wali Kota Solo, Jawa Tengah, kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta, dan selanjutnya menjadi Presiden RI.

Jokowi dilahikan di Solo, 21 Juni 1961. Ia lulusan Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, tahun 1985. Ia mengawali kariernya sebagai pengusaha mebel. Di kala bisnis mebelnya bersinar Jokowi kemudian terjun ke dunia politik. Ia memilih bergabung dengan PDI-P.

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menugasi Jokowi berkompetisi pada Pemilihan Wali Kota Solo pada 2005. Peluang itu tak disia-siakannya. Jokowi terpilih menjadi Wali Kota Solo periode 2005-2010.

Warga merasa puas dengan kepemimpinan Jokowi, dan memilihnya kembali untuk jabatan periode kedua, yakni 2010-2015.

 

Baca juga:

Penegakan Hukum dan HAM di Era Jokowi Patut Diacungi Jempol

Pendarat Tuban Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Nasdem Sebut Jokowi Sosok yang Konsisten  

 

Belum selesai jabatannya di periode kedua PDI-P memberi tugas kepada Jokowi sebagai calon gubernur untuk berlaga di Pilkada DKI Jakarta 2012. Saat itu Jokowi yang berpasangan dengan kader Partai Gerindra Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) secara mengejutkan mengalahkan Gubernur petahana DKI Fauzi Bowo yang berduet dengan Ketua DPD Partai Demokrat Nachrowi Romli. Jokowi-Ahok dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI periode 2012-2017.

Baca halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.