Senin, 10 Desember 18

Data Pemilih Korban Gempa di Sulteng Akan Dimutakhirkan

Data Pemilih Korban Gempa di Sulteng Akan Dimutakhirkan
* Penanganan bencana gempa bumi dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, Senin 1 Oktober 2018, (Foto: Twitter ‏@BNPB_Indonesia)

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan penyesuaian (mutakhir) data pemilih korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). 

“Nanti ada penyesuaian atau pemeliharaan data (pemilih), data itu kan dinamis,” kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU Jakarta, Senin (1/10/2018).

Warga yang terkena dampak bencana akan dievakuasi ke tempat lain. Hal ini dapat menyebabkan data diri yang sebelumnya telah tercatat di tempat lama dapat berubah daerah pemilihan. 

“Kalau evakuasi kan pindah tempat, dia tercatat di DPT tertentu, kalau pindah tempat kan berarti menggunakan (hak pilih) di tempat lain,” kata Wahyu. 

Menurutnya, penting mengantisipasi terjadinya hal tersebut dikarenakan KPU harus menjamin pelaksanaan pemilu di setiap daerah berjalan baik. 

“KPU harus mengantisipasi itu agar mampu memberikan layanan dan menjamin pelaksanaan pemilu di Sulteng berjalan dengan baik dalam situasi darurat seperti itu,” tutur Wahyu. (Has)

 

Baca juga:

Wiranto Sebut Sebagian Besar Warga Sulteng Meninggal Akibat Tsunami

Jokowi Siagakan Aparat Pemerintah Tangani Pascagempa di Sulteng

Gubernur Sulteng Kenalkan Wisata Melalui TdCC 2018

NasDem Target Menang Pemilu 2019 di Sulteng

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.