Rabu, 29 Juni 22

Polisi Buru ‘Pembunuh’ Siska

Polisi Buru ‘Pembunuh’ Siska

Kisah Malpraktik (18)

Polisi Buru ‘Pembunuh’ Siska

Pihak kepolisian Polda Metro Jaya tengah memburu Dr Randall Cafferty, terapis chiropractic yang diduga sebagai ‘pembunuh’ Allya Siska Nadya,akibat malpraktik. Kepolisan bekerja sama dengan aparat imigrasi karena diduga pelaku sudah kabur dari Indonesia.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak imigrasi untuk mengetahui keberadaan terlapor dr Randall ini, tetapi diduga yang bersangkutan sudah meninggalkan Jakarta setelah kejadian,” ungkap Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti, Kamis (7/1/2016).

Ihwal kaburnya Randall juga sudah diungkapkan oleh Alfian Helmy Hasjim, ayah Siska, gadis cantik yang jadi korban metode chiropractic. Alfian menjelaskan, Randall pertama kali dipanggil pada tanggal 26 November 2016, berikutnya panggilan kedua sekitar bulan Desember. Namun kedua surat panggilan itu tidak diindahkan. Yang hadir ke pihak kepolisian hanya pihak pengacara perusahaan tempat Randall membuka praktik, Chiropractic First The Spine & Nerve Clinic Cabang Pondok Indah Mall.

Alya Siska Nadya (kanan) foto bersama 3 kakak kembarnya.
Alya Siska Nadya (kanan) foto bersama 3 kakak kembarnya.
Arnisda Helmy, Ibunda Alya Siska Nadia
Arnisda Helmy, Ibunda Alya Siska Nadia

Alfian berkeyakinan pria asal Amerika Serikat itu telah meninggalkan Indonesia menuju negara asalnya melalui Singapura. “Saya dapat info dia sudah lari melalui ke Singapura. Itu sehari atau dua hari sebelum tanggal panggilan pertama. Mungkin sekitar 23 November dia sudah lari,” ujar Alfian kepada Obsessionnews, Rabu (6/1/2016).

Baca: ‘Pembunuh’ Siska Diduga Kabur, Polisi Sudah Proses Hukum

Dokumen laporan polisi
Dokumen laporan polisi

Laporan keluarga korban diterima Ditreskrimum Polda Metro Jaya dengan Nomor: P/3176/VIII/2015/PMJ/Ditreskrimun pada tanggal 12 Agustus 2015. Selanjutnya, pihak Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada 8 September 2015 memanggil Alfian Helmy Hasjim dengan surat panggilan No: S. Pgl/16627/IX/2015/Ditreskrimun, Elvita Natassa (kakak Sisca) dengan surat panggilan No: S. Pgl/16628/IX/2015/Ditreskrimun, dan Arnisda Helmy dengan surat panggilan No: S. Pgl/16631/IX/2015/Ditreskrimun, untuk datang ke Unit I Subditenakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kamis, 10 September 2015 pukul 13.00 WIB. Surat panggilan tersebut ditandatangani Kasubdit V Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Suparmo SH selaku penyidik.

Alfian, Elvita dan Arnisda diperiksa sebagai saksi oleh penyidik/penyidik pembantu AKP Arief Vidyanto, SH/Bripka Arif Saifudin, SH. Hal ini terkait dugaan tindak pidana karena kelalaian mengakibatkan orang meninggal dunia, dan memberikan pelayanan medis tidak sesuai dengan standar operasional prosedur, yang terjadi pada 6 Agustus 2015 di Chiropractic First The Spine & Nerve Clinic Cabang Pondok Indah Mall, yang dilakukan oleh terlapor dr Randal Cafferty (WNA), sebagaimana dimaksud dalam Pasal 359 KUHP dan Pasal 79 UU RI No. 29 tahun 2004 tentang praktik kedokteran.

Malpraktik di AS, Buka Praktik di Pondok Indah

Dr Randall Cafferty, yang kini menjadi buronan polisi, sebetulnya penuh masalah. Ketika membuka praktik di Pondok Indah, ia sesungguhnya sedang dalam masa hukuman. Izin praktiknya di AS dicabut oleh dewan pengawas praktisi chiropractioc di AS. Pasalnya, ia terbukti melakukan malpraktik dan perbuatan kriminal.

Baca: Terapis ‘Pembunuh’ Siska Tersangkut Kasus Malpraktik di AS

Tak bisa membuka praktik di negeri asalnya, Randall lantas terbang ke Indonesia dan membuka praktik di Pondok Indah Mall, yang ternyata juga izinnya ilegal. Di sinilah Randall kembali memakan korban baru, Allya Siska Nadya.

Baca: Akhirnya, Ketahuan Klinik Siska Meninggal Tak Punya Izin
Chiropractic First -8
Siapa Randall Cafferty
Chiropractor (terapis chiropractic) ini memang terlihat rajin mempromosikan jasanya. Penelusuran di internet menemukan Randall rajin mencantumkan profil pribadi dan kliniknya di sejumlah situs database chiropractic. Misalnya, di situs http://chiropractornext.com, www.chirodirectory.com, dan www.doctible.com.

Pada situs yang terakhir disebut, tercantum biografi Randall yang menyebutkan ia lulus dari Cleveland Chiropractic College of Los Angeles pada 1989. Ia berpromosi telah melakukan praktik secara ekstensif untuk membantu orang-orang melepaskan diri dari penderitaan akibat kelainan tulang belakang. Termasuk mengaku mampu menyembuh para atlet yang mengalami masalah dengan persendian dan tulang. Ia mengaku sangat percaya akan filosofi chiropractic sebagai metode terbaik dalam penyembuhan masalah penyakit tulang belakang. Tehnik yang diterapkan, antara lain, Activator Methods, Cox, Diversified, Flexion-Distraction, Gonstead, dan Toftness.

Dr. Randy Cafferty, Encinitas, Chiropractor - prices & reviews & appointments 2016-01-07 14-58-58

Masih dalam situs yang sama, Randall mencantumkan biaya terapi sebesar USD 19 untuk konsultasi awal, dan USD 29 untuk sekali kunjungan. Tak lupa ia mencantumkan alamat kliniknya, yaitu The Joint – Encinitas 146 C N. El Camino Real Encinitas, CA 92024, AS. Di situs lain, ia mencantumkan klinik lain dan alamat lain, yaitu 981 Civic Center Dr Vista CA 92083, dengan nomor telepon: 831-210-5265

Makam Siska

Kerabat melayat siska
Kerabat melayat siska

Allya Siska Nadia alias Chica

Kasus dugaan malpraktik Siska ini pertama kali diberitakan oleh situs berita Obsessionnews.com, pada Senin, 4 Januari 2015, baru kemudian diberitakan oleh berbagai kalangan media massa. (Bersambung)

Baca juga:

Allya Siska, Gadis Cantik Wafat Setelah Terapi
Bayar Pengobatan 17 Juta, Siska Malah Meninggal
Salah Terapi di Chiropractic, Nyawa Adikku Melayang 6 Jam
Siska dan Dunia Sosmed
Kasus Malpraktik Siska, IDI Belum Dipanggil Polda
Anggota DPR ini Nyaris Jadi Korban Tewas Mirip Siska
Kasus Siska, DPR Sarankan Pihak Korban Gugat Dinas Pariwisata
Ternyata, Siska Tidak Pernah Mau Merepotkan Orangtua
Meninggalnya Siska Mengagetkan Teman-temannya
Kasus Siska, Kejanggalan Klinik First Chiropractic Terbongkar
Belajar dari Kasus Siska, Hati-hati Memilih Tempat Berobat!
Izin Klinik Kesehatan Masih Amburadul, Nyawa Siska Melayang
(Tim Obsessionnews)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.